Penerimaan Pajak Capai Rp 3,29 Triliun

MALANG – Kesadaran masyarakat di Malang Raya untuk membayar pajak semakin meningkat. Hal ini terlihat hingga kuartal I/2015 ini, penerimaan pajak sudah mencapai Rp 3,29 triliun serta pengembalian SPT sudah lebih tinggi ketimbang periode yang sama tahun lalu.
Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jatim III, Budi Susanto mengatakan, hingga akhir April lalu penerimaan pajak mencapai 18,35 persen dari total target tahun ini. “Sepanjang 2015, target penerimaan sebesar 21,4 triliun,” katanya.
Menurut dia, tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat bisa terlihat dengan pengembalian SPT yang telah mencapai 54,24 persen. Angka itu meningkat bila dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu, sebesar 36 persen.
“Indikator ketaatan wajib pajak (WP), juga ditandai pengembalian surat pemberitahuan (SPT) yang lebih tinggi bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenyataan itu menunjukkan bahwa kesadaran masyarat membayar pajak semakin meningkat,” urai dia panjang lebar.
Dia menuturkan, mengacu target kuartal I/2015, maka penerimaan sudah mencapai 95 persen. Penerimaan sebesar itu berarti meningkat 50,32 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 13 triliun.
Hingga akhir tahun nanti, Kanwil DJP Jatim II menargetkan pengembalian SPT bisa mencapai 72,5 persen dari WP wajib SPT yang sebanyak 923.640 WP. WP terdaftar mencapai 1.459.467 baik badan maupun perorangan, sedangkan tahun lalu sebanyak 1.333.000 WP.
Kesadaran WP yang diharapkan meningkat, kata Budi, juga dipicu dengan kebijakan pembinaan DJP, yakni penghapusan sanksi administrasi berupa bunga pelaporan atas pembayaran dan pelaporan pajaknya. Penghapusan sanksi denda ini berlaku hingga akhir Desember 2015 ini. (ley/oci)