Bisnis dari Hobi, Modal Rp 0

Imanusrin Busaeri Muslim termasuk sosok yang bisa mengubah hobi menjadi bisnis menguntungkan. Melalui Breaker Video Production miliknya, ia bekerja berdasarkan hobi yang ditekuni selama ini.
“Breaker Video Production merupakan wadah bagi animator dan video editor untuk merealisasikan karya dan idealismenya,” kata pria kelahiran Surakarta tersebut.
Saat mendirikan bisnis ini, menurut Rery, kala itu di Malang masih jarang usaha yang bergerak dalam bidang ini, namun permintaan pembuatan video terus meningkat. “Awalnya sih kurang yakin, tapi karena ada tawaran jadi tetap harus dikerjakan,” ujarnya.
Bisa dikatakan Rery bermodal Rp 0 saat memulai bisnis ini. Ia mengawali dengan membantu pembuatan video dalam sebuah event dan dari penghasilan yang didapat dialokasikan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. Dari bisnis berlandaskan hobi ini, Rery bisa membukukan income hingga Rp 10 juta per bulan. “Tapi bisnis ini ada masa low season, misalnya saat Ramadan yang sepi event. Tapi saya masih memfasilitasi meskipun itu acara amal,” tandasnya.
Bisnis yang telah berjalan selama lima tahun ini telah berkembang di luar Malang, ia juga sering disuruh menghandle acara di kota-kota lain di Jawa bahkan sampai ke Bali dan Kalimantan. Untuk project selanjutnya, mereka akan bekerja sama dengan Rumah Kreatif Nusantara yang menaungi Malang Flower Carnival. (mg8/han)