Menabung di Bank Semudah Membeli Pulsa

MALANG  – Untuk bisa menyimpan uang di bank, kini masyarakat tak harus pergi ke kantor bank. Cukup pergi ke gerai-gerai yang tersebar di masyarakat, nasabah sudah bisa menyimpan uang dengan aman. Bahkan, sistem menabung branch less bank ini memiliki sistem mirip penjualan pulsa.
Masyarakat bisa menabung berapa saja ke counter yang telah ditunjuk oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Bahkan Rp 10 ribu pun akan dilayani. Yang terpenting, nasabah datang ke counter terdekat untuk menyetorkan uang kepada petugas.
Setelah menyetorkan sejumlah uang, petugas counter akan menginput data melalui ponsel. Beberapa saat kemudian, nasabah akan menerima pemberitahuan terkait tabungan yang ia setorkan.
”Nanti nasabah akan dapat SMS pemberitahuan Aanda baru saja menabung Rp 10 ribu ke nomor rekening ini. Benar atau tidak?’ dan secara otomatis tabungan akan tersimpan dalam tabungan penabung,” ungkap Achmad Nusjirwan Sugondo, Product & Customer Experience Head BTPN Wow! dalam acara seminar ”Akses Keuangan untuk Semua” di Cafe Ria Djenaka, kemarin (22/5/15).
Nasabah pun bisa memiliki nomor rekening sesuai dengan nomor handphone yang dimiliki. Harapannya agar mereka mudah mengingat nomor rekeningnya. ”Selama ini nomor rekening kan panjang dan sangat sulit dihafalkan. Sedangkan nomor HP, semua orang hafal. Untuk itu kami buat saja nomor rekening tabungan menggunakan nomor HP,” imbuh Achmad.
Program ini bisa dikatakan terinspirasi bentuk layanan mobile banking. Namun agar memudahkan para pengguna non-internet, maka dibuat dalam  bentuk layanan SMS.
”Terlebih memang pasar kita kan pasar kelas bawah yang mana mereka jarang sekali menggunakan akses internet dalam kesehariannya,” tutur Achmad.
Itu dilatar belakangi oleh masih sedikitnya masyarakat bawah yang memiliki kesadaran menabung di bank. Sehingga membuat Otoritas Jasa Keungan (OJK) akhirnya kepikiran mencetuskan program bernama Laku Pandai yang merupakan kepanjangan dari Layanan Keuangan Tanpa Bank dalam rangka keuangan inklusif.
Untuk melancarkan ide ini, OJK menggandeng empat bank yakni BRI, Mandiri, BCA dan BTPN. Untuk BTPN, ia menamai layanan tabungan mudah ini dengan nama BTPN Wow!.
”Sebenarnya ini sudah dilaunching sejak lama. Namun kali ini kami hanya ingin memberikan edukasi saja kepada masyarakat tentang layanan ini,” pungkas Achmad. (nas/han)