Jenuh Memunculkan Creative Outbond

Bosan bekerja di kantor, Arya Padneswara mencoba menjalankan usahanya sendiri dan nekat memulai usaha outbound provider. 2011, ia merintis usaha ini di Surabaya dan ternyata mendapatkan respon positif dari masyarakat hingga sekarang berkembang dan merambah bidang lain menjadi jasa EO.
 “Usaha saya bisa dibilang spesifik dan unik. Karena memberikan layanan lengkap dari A sampai Z untuk segala kebutuhan outbond,”  jelasnya.
Sukses di Surabaya, ia memilih Malang untuk membuka cabang usahanya sejak Oktober tahun lalu. “Saya masih baru di Malang, istri ditugaskan bekerja di Malang. Jadi, mau enggak mau saya harus sering mondar-mandir Surabaya-Malang,” jelasnya.
Apalagi ada beberapa kliennya yang meminta acara di Malang, ia semakin yakin untuk membuka cabang di Malang. Namun berbeda dengan Surabaya, dimana pesaingnya masih sdikit, Arya mendapati penyedia jasa outbond di Malang lebih banyak sehingga persaingan juga kian ketat. Karena itu pula ia mengembangkan bisnis di bidang lain.
 “Dari hanya menghandel outbound, akhirnya sekarang saya juga menerima wedding,” tambahnya.
Menurut Arya, sebagai pengusaha ia berusaha tak pernah menolak permintaan dari klien, karena sekali mereka merasa puas, sudah pasti akan kembali atau bahkan merekomendasikan ke relasinya.
Meskipun sebagian besar karakter pelanggan sama, yaitu menginginkan harga murah dan hasil maksimal, tapi sebagai pebisnis, seseorang haruslah tetap bersikap ramah dan tetap berusaha menyenangkan para pelanggan. Empat tahun menjalankan bisnis ini, keuntungan yang bisa diraup Arya bervariasi tergantung event dan klien yang ia tangani, dari untung bernilai belasan juta hingga ratusan juta.
Keuntungan ini, lanjutnya, setimpal dengan tuntutan yang harus ia lakukan. Arya harus selalu standby 24 jam sehari selama 7 hari seminggu atau kapanpun dan dimanapun klien menghubungi dan membutuhkan jasanya. “Saya selalu siap setiap saat, kecuali sedang menghandel tiga event atau klien dalam sehari. Karena saya membatasi hanya menerima tiga klien dalam waktu bersamaan,” ungkap pria yang dalam waktu dekat akan membuat pameran dan konser ini.(mg8/han)