Sukses Padukan Cokelat dan Tempe

Sukses dalam berbisnis tak ditentukan oleh latar belakang pendidikan, dengan tekad kuat dan pantang menyerah, siapapun bisa melakukannya. Yoga Surya Pratama membuktikan hal itu. Meskipun hanya lulusan SMK dan tidak menyelesaikan kuliah, ia sukses mengelola bisnis karena merintis usaha yang tak lazim, cokelat tempe.
Alumnus SMKN 6 Malang ini pernah melanjutkan kuliah di sebuah PTS namun tidak sampai selesai. Karena ingin mengerjakan sesuatu yang menantang, Yoga kemudian mendirikan Dekonco pada 2011 lalu.
Dia awalnya menjalankan bisnis ini bersama ibunya, namun sekarang mereka sudah mempunyai pegawai. Home industry di jalan Danau Laut Tawar F 1 F19 ini hingga sekarang memang belum mempunyai pabrik dan toko sendiri, namun sudah dikenal masyarakat hingga membukukan omzet sampai Rp 15 juta per bulan.
Produk mereka dalah cokelat yang dipadukan dengan tempe di dalamnya. Perpaduan cokelat yang nikmat dan tempe yang gurih, menjadikan produk ini terasa sangat unik saat dimakan.
 “Kita menjual 5 varian, yaitu Milk Chocolate Tempe, Cokelat Pedas, White Cocholate Tempe, Apple Chocolate Tempe dan Strawberry Chocolate Tempe,” ujar Yoga.
Harga untuk bisa menikmati cokelat tempe ini tergolong ramah di kantong. Mereka memberikan harga untuk per kemasan batangan hanya Rp 7.000. Sedangkan untuk per kemasan paperbag dibandrol Rp 25 ribu. Bagi yang ingin memesan cokelat tempe dekonco ini, bisa melalui instagram @dekonco atau mendatangi outlet outlet yang sudah mereka drop produknya di sana. 
Kepada Malang Post Yoga mengungkapkan, masalah yang masih sering dihadapi saat menjalani bisnis adalah naiknya harga bahan baku. “Kenaikan harga bahan baku membuat kami harus pandai dalam mengatur strategi,” ujarnya.
Meski produknya sudah ada di beberapa toko dan gerai, namun di masa mendatang, ia menargetkan untuk bisa memiliki galeri sendiri. Ia pun memotivasi anak-anak muda yang tak mampu meneruskan kuliah untuk tetap berbesar hati dan berjuang lebih keras dalam mewujudkan cita-cita.
 “Jangan putus asa, malah kita harus bersyukur karena di luar sekolah atau kampus kita bisa lebih banyak belajar dari kehidupan nyata. Buat yang masih kuliah, terus kuliah yang benar. Jangan jadikan kuliah hanya sebagai rutinitas, tapi juga harus benar-benar menuntut ilmu,” pesan Yoga. (mg7/han)