Long Weekend Bulan Mei, Bisnis Hotel Bergairah

MALANG – Medio Mei ini, bisnis perhotelan di Malang menerima berkah adanya momen long weekend yang terjadi hingga dua kali dalam sebulan. Alhasil, tingkat keterisian kamar (okupansi) hotel meningkat signifikan hingga pertengahan bulan ini. Salah satunya The Grand Palace Hotel Malang, yang memiliki month to date di angka 60 persen sebagai bukti bila hotel ini pun dijadikan jujukan tamu untuk menikmati liburan panjang.
“Bulan ini, hampir semua hotel berbintang memiliki rate yang bagus, namun di momen liburan dan akhir pekan saja,” ungkap Marketing Manager The Grand Palace Hotel Kartika W. Prameswari.
Dia menuturkan, untuk The Grand Palace ketika akhir pekan selalu memiliki okupansi di atas 70 persen. Sementara begitu long weekend, yang terjadi antara Kamis-Minggu, dia memastikan bila keterisian di atas 90 persen. 
“14-16 Mei lalu memang hampir penuh, sehingga menolong month to date hotel, yang meningkat ketimbang April lalu,” ujar dia kepada Malang Post.
Kartika menyebutkan, ketimbang periode yang sama 2014 lalu, memang terjadi penurunan. Salah satu faktornya yakni tingkat persaingan hotel yang kian ketat dan kemunculan beberapa hotel baru.
“Secara otomatis, hotel lama yang tidak berbenah, bisa kalah cepat mendapatkan tamu,” terang dia.
Menurutnya, medio Mei ini memang menjadi berkah bagi bisnis perhotelan. Pasalnya, setelah kuartal pertama terhitung paceklik tamu, bulan ini sudah memasuki masa liburan. Sehingga, banyak tamu dari luar kota yang telah memenuhi Kota Malang, termasuk menginap di The Grand Palace.
“Untuk Mei, kami optimis mencapai okupansi hingga 65 persen. Meskipun sekarang sudah hampir mencapai angka itu, setelah akhir pekan ini sudah kembali normal yang memungkinkan kembali di kisaran 40 persen,” urai Kartika.
Dia menyebutkan, secara keseluruhan bisnis perhotelan di kuartal pertama 2015 ini termasuk sepi, terutama untuk menerima tamu dari instansi pemerintahan. Sehingga, hotel mencoba memaksimalkan sektor lain, misalnya wedding package agar hotelnya tetap stabil mendapatkan pendapatan. Selain itu, promo hingga luar kota digalakkan, dengan tujuan ketika tidak berada di masa liburan, hotel tetap memiliki tamu yang mencukupi.
“Kami memiliki paket pernikahan yang bisa dilaksanakan di Athena Ballroom. Untuk meeting bisa memilih Zeus Ballroom,” tambah dia.
Selain itu, menurut pengakuan alumnus Universitas Negeri Malang ini, hotel juga menggelar even untuk menghadirkan masa. Misalnya menggelar donor darah, seperti yang dilakukan oleh hotel di Jalan Ade Irma Suryani tersebut, Rabu (20/5/15) pekan lalu. Donor darah ini berlangsung di Zeus Hall dan diikuti oleh 46 peserta dari berbagai macam instansi. Sejatinya, ada 60 lebih pendonor yang mendaftarkan diri, namun yang bisa mendonorkan diri lebih sedikit.
“Kami akui bila program donor darah memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini bagian pengenalan lebih dalam kepada mitra. Dalam waktu dekat, kami juga siap membuat pameran yang dipastikan menarik perhatian banyak orang,” tandasnya. (ley/oci)