Maskapai Emirates SIapkan Penerbangan Dubai-Bali

Maskapai penerbangan internasional asal Dubai, ”Emirates”, akan membuka rute penerbangan harian dari Dubai ke Bali, Indonesia mulai 3 Juni 2015. Nama besar Pulau Dewata sebagai salah satu destinasi wisata populer di dunia menjadi alasan maskapai yang telah membuka rute penerbangan langsung ke Jakarta sejak 23 tahun lalu ini.

"Kami berharap dapat meningkatkan jumlah turis yang datang ke Bali dengan konektivitas dan produk (penerbangan) yang lebih baik,“ tutur Country Manager Emirates untuk Indonesia Satish Sethi ketika ditemui di Jakarta, Rabu (27/5).

Sethi mengungkapkan, tahun lalu lebih dari 3,7 juta turis mancanegara mengunjungi Bali. Sebanyak 800 ribu turis diantaranya berasal dari Eropa dan Timur Tengah yang merupakan target penumpang utama yang dibidik oleh rute baru ini. Rute ini juga membidik penumpang dari Amerika yang tahun lalu kunjungannya ke Bali mencapai sekitar 176 ribu turis.

“Turis dari Timur Tengah, Eropa, dan Amerika adalah target pasar kami,” tutur Sheti.

Dengan adanya rute ini, lanjut Sethi, akses pengunjung dari Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika untuk terbang ke Bali, ataupun sebaliknya, dapat lebih cepat dan mudah karena tidak banyak penerbangan dari wilayah tersebut yang datang langsung ke Bali.

Dia menjelaskan, sebagian besar penerbangan harus melalui dua kali pemberhentian. “Artinya, semakin panjang perjalanan yang ditempuh. Semakin panjang perjalanan, semakin malas pelancong untuk memiliki destinasi tersebut,” tutur Sethi.

Layanan penerbangan non-stop antara Dubai dan Bali akan beroperasi menggunakan armada Boeing 777-300ER berkapasitas 426 kursi yang tersedia dalam dua jenis kelas penerbangan (ekonomi dan bisnis).

Dengan total empat penerbangan ke Indonesia melalui Bali dan Jakarta, Emirates dapat menciptakan koneksi yang lebih baik ke 37 destinasi di Eropa, 13 destinasi di Timur Tengah dan 10 destinasi di Amerika Serikat. Tidak hanya bagi penumpang namun juga layanan kargo.
Penerbangan baru ini dijadwalkan akan berangkat dari Dubai pada pukul 08.20 pagi waktu setempat dengan nomor penerbangan EK398 dan akan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai pada pukul 21.40 di hari yang sama. Sedangkan penerbangan menuju Dubai akan berangkat pukul 23.40 dengan nomor penerbangan EK399 dan akan tiba di Bandara Internasional Dubai pada pukul 5.00 keesokan paginya.

Sebagai informasi, Bali akan menjadi destinasi global ke-145 Emirates dan akan menambah daftar rute Emirates di wilayah Asia Pasifik yang mencapai 17 destinasi di 11 negara di Asia. (cnn/oci)