Dipilih karena Simpel dan Unik

Bak Mandi Gerabah
MALANG- Kerajinan gerabah kini tidak lagi identik dengan interior rumah berupa guci ataupun pot bunga. Kerajinan gerabah semakin berkembang dan inovatif. Bukan lagi sebagai hiasan rumah, belakangan konsumen kian gencar memburu bak mandi gerabah untuk memberi nuansa berbeda pada kamar mandi mereka.
Pada umumnya bak mandi dibuat sederhana dengan menggunakan keramik. Namun kini, salah satu perajin Kota Malang menjual bak mandi dari gerabah yang dijamin memiliki daya tahan yang kuat setelah melalui pembakaran selama satu hari penuh.
“Sejauh ini tidak ada pelanggan yang komplain. Kualitas barang yang kami sediakan memiliki kualitas yang baik,” ujar Topan, perajin gerabah di Toko Sumber Rezeki.
Toko Sumber Rezeki di Jalan Mayjen Panjaitan No. 4 merupakan salah satu toko yang menjual bak mandi gerabah. Ada beberapa ukuran yang ditawarkan, dan dijual mulai Rp 115 ribu, Rp 250 ribu dan Rp 300 ribu untuk ukuran bak mandi berdiameter 50cm dengan tinggi 60cm serta Rp 325 ribu untuk diameter dan tinggi 60cm.
 “Kalau pelanggan kami sendiri lebih suka memesan bak mandi gerabah dengan diameter 50cm dan tinggi 60cm karena ukuran pas, tidak besar dan tidak terlalu kecil,” paparnya pada Malang Post.
Bak mandi gerabah dihiasi dengan tiga motif menarik, yaitu motif bunga kamboja, batik kawung, dan daun. Selain itu, pelanggan dapat pula memesan warna yang diinginkan ketika membeli bak mandi gerabah.  “Kami menggunakan cat acrylic dalam proses pewarnaannya. Pelanggan bebas memesan warna apa saja selama cat tersebut masih tersedia di tempat kami. Cat acrylic digunakan karena warnanya yang tidak mudah pudar sehingga bak mandi gerabah ini bisa terlihat selalu menarik,” bebernya.
Peminat bak mandi gerabah ini tidak hanya datang dari kota Malang, melainkan ada pula pelanggan dari luar kota seperti Bali, Banyuwangi, Kediri, Surabaya, dan kota lain. Di samping desainnya yang menarik, bak mandi gerabah juga mudah untuk dibersihkan.
“Rata-rata pelanggan kami memang memilih bak mandi gerabah karena beberapa alasan, tidak hanya desain dan bahan bakunya yang terbuat dari gerabah, mereka juga merasa terbantu dengan proses pembersihannya yang terbilang sederhana. Tanpa memerlukan waktu lama, bak mandi gerabah dapat dikuras dengan bersih,”ungkapnya.(mg9/han)