Usung Smart Technology, Matic Honda Touring Jakarta-Lombok

MALANG – Keseriusan PT Astra Honda Motor untuk memberikan Smart Technology pada motor matiknya memberikan pengaruh besar pada penjualan di tahun ini. Honda semakin merajai segmen skutik dengan market share mencapai 80 persen untuk karesidenan Malang.
“Segmen motor skutik Honda semakin unggul. Penjualan saat ini meningkat hampir 10 persen pada kuartal pertama tahun ini,” ujar Supervisor Promosi Honda MPM Malang-Blitar, Johnson, di sela-sela pemberangkatan rider Honda Smart Adventure di Candi Singosari, Selasa (2/6/15) kemarin.
Menurutnya, periode yang sama 2014 lalu, Honda masih mencatatkan penjualan di angka 70 persen untuk tipe skutik. Tahun ini, smart technology pada tiga tipe maticnya, yakni BeAT Series, Vario dan Scoopy menambah daya tarik motor di kalangan pecinta
PT Astra Honda Motor (AHM) semakin merajai pasar matic roda dua di tanah air. Hal ini dibuktikan dengan market share motor skutiknya yang terus melesat dan menembus angka 80 persen untuk wilayah Malang dan sekitarnya (DSK).
“Kini motor matic Honda mengusung tipe eSP untuk BeAT Series, Combi Brake System (CBS) dan Idling Stop System (ISS) untuk tipe Vario,” terang Johnson kepada Malang Post.
Menurutnya, BeAT Series tetap paling dominan dengan memberikan sumbangan mencapai 70 persen. Diikuti Vario sebesar 20 persen dan sisanya merupakan tipe Scoopy dan Spacy dengan prosentase sebesar 10 persen. Sementara itu, penjualan untuk area Jawa Timur pun hampir sama. Menurut Marcom Deputy Department Head Jatim-Nusa Tenggara, Budi Santoso, sales tipe matic memberikan sumbangsih mencapai 70 persen. “Matic Honda tetap merajai. Dalam lingkup nasional pun dominan,” ujarnya.
Penjualan skutik di kuartal pertama tahun ini memiliki pangsa pasar mencapai 77,1 persen. Naik ketimbang periode yang sama 2014 lalu, sebesar 70,7 persen. Budi merinci smart technology dari Honda. Misalnya enhanced Smart Power (eSP) membuat pembakaran lebih sempurna dan menjadikan kendaraan lebih irit bahan bakar. “Tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia, tetapi kekuatan dan performanya masih powerfull,” beber dia.
Smart technology dengan tenaga injeksi juga memastikan kendaraan lebih ramah lingkungan. Selain itu, perawatan dipastikan lebih mudah. “Masih ditambah kemudahan dengan Combi Brake System dan Idling Stop System yang membantu mengatasi permasalahan di tengah lalu lintas yang padat,” tegasnya.
Untuk membuktikan kualitas amunisinya, Honda pun menggelar Honda Smart Adventure, yang merupakan touring motor matic mengelilingi Jawa, Madura dan akan berakhir di Lombok. Dalam ajang ini terdapat total 150 rider yang ikut menaklukkan jarak sejauh 2400 kilometer dengan tiga matic yang sudah mengusung smart technology.
“Termasuk kami melaunching New Honda Scoopy dalam perjalanan ini. Dari satu kota ke kota lain, ada 12 rider yang akan digantikan dengan 12 rider ketika menuju kota berikutnya,” jelas Budi.
Honda Smart Adventure dikemas dengan model fun, sekalipun bertujuan menguji ketangguhan tiga motor matic Honda. Di setiap kota, rider akan menjajal kuliner yang khas serta singgah di tempat bersejarah. Seperti di Malang, peserta touring menjajal Sate Kelinci di Batu dan singgah ke Candi Singosari yang merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. (ley/han)