Kembali Raih Penghargaan Trip Advisor

MALANG - Harris Hotel and Convention Center Malang mencatatkan angka okupansi (tingkat keterisian kamar) sebesar 79 persen sepanjang Mei lalu. Catatan bagus ini terjadi di tengah beberapa kali long weekend dan membuktikan bisnis perhotelan mulai meninggalkan low season. "Bulan lalu okupansi kami sangat bagus setelah Februari dan Maret terhitung rendah. April mulai membaik dengan okupansi 58 persen dan memuncak di bulan Mei," ujar Marketing Communication Manager Harris Hotel Malang, Nicky Olivia.
Menurut dia, long weekend yang terjadi di awal bulan dan pertengahan bulan membuat hotelnya menerima banyak tamu. Di sela-sela itu, juga sudah banyak tamu yang memanfaatkan liburan sekolah berbarengan dengan ujian nasional. "Selain libur panjang, libur sekolah dan beberapa event ikut memberikan sumbangsih hunian. Apalagi, sempat ada acara nasional di hotel," beber dia kepada Malang Post.
Nicky mengakui, untuk Mei lalu bisa menjadi masa puncak hunian hotel di semester pertama ini. Pasalnya, mulai pertengahan Juni ini, tamu dipastikan bersiap untuk puasa. Pada masa tersebut, hotel kerap kembali mencatatkan hunian yang rendah.
"Efektif, untuk Juni hanya bisa dimaksimalkan hingga pertengahan bulan. Setelah itu tren bisa kembali sepi karena sudah bulan puasa," imbuh dia.
Ibu satu anak ini menjelaskan, untuk tahun ini memang bisnis perhotelan termasuk Harris mesti menyikapi beberapa hal yang berbeda dengan tahun lalu. Tingkat hunian juga dipastikan tidak sama. Menurut dia, Juni menjadi puncak okupansi dan Juli masih tergolong tinggi. "Tetapi tahun ini susah diprediksi. Liburan semester bareng puasa. Kami pun mencoba menyiasatinya," tambahnya.
Medio Juni ini Harris memberikan special discount 30 persen dan bisa ditambah 10 persen dengan booking jauh hari. Periode stay antara 3 Juni sampai dengan 31 Agustus. "Ketika puasa, wajar hal ini dilakukan dan berlanjut hingga pasca lebaran," terang dia.
Sementara itu, Harris Hotel tahun ini kembali memenangkan penghargaan Trip Advisor Certificate of Excellence untuk kedua kalinya. Ini adalah tahun kelima  Trip Advisor memberikan penghargaan kepada hotel, restoran dan bisnis lainnya yang bergerak di bidang hospitality atas usaha memberikan servis terbaik bagi para tamu dan mendapat ulasan terbaik pula di Trip Advisor.
Penghargaan Trip Advisor Certificate of Excellence yang diberikan akhir Mei lalu untuk hotel yang memenuhi syarat dengan mempertahankan kualitas, kuantitas, dan ulasan terbaru selama satu tahun terakhir. Selanjutnya mempertahankan peringkat lima besar di Trip Advisor, memenuhi jumlah minimum ulasan dan terdaftar di Trip Advisor sekurangnya 12 bulan. Selama dua tahun berdiri, Harris Hotel Malang berada di peringkat 3 hotel terbaik di Kota Malang dan telah mendapat 320 ulasan dari para tamu.
“Certificate of Excellence adalah penghargaan ketiga dari Trip Advisor yang diberikan kepada Harris Hotel Malang. Penghargaan ini kami persembahkan untuk Harris Player sebagai buah kerja keras selama dua tahun hotel berdiri dan tentunya bagi para tamu yang mempercayakan akomodasinya kepada kami selama di Kota Malang,” imbuhnya. (ley/han)