Spesialis Cuci Sepatu, Produksi Sabun Sendiri

pelanggan Solecase saat mencucikan sepatu miliknya. Dalam sehari, ada sekitar 38 sepatu yang mendapat ‘treatment’ di sini.

Solecase
MALANG- Mencuci sepatu. Aktivitas sepele namun tak semua orang bisa dan mau. Tidak heran jika layanan yang diberikan Solecase, jasa pencucian sepatu ini sangat diminati masyarakat. Dalam sehari, sekitar 38 pasang sepatu siap mendapatkan treatment.
 “Alhamdulillah sejauh ini Solecase memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Kenyataan di lapangan menunjukkan, jasa pencucian sepatu sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Alasannya cukup sederhana, tidak semua orang tahu bagaimana merawat dan mencuci sepatu mereka dengan benar, kata salah satu pemilik Solecase. 
Ia menambagkan, setiap sepatu terbuat dari material berbeda sehingga treatment yang diberikan juga khusus. Oleh sebab itu, rata-rata pelanggan memilih jasa pencucian sepatu untuk menjaga kualitas sepatu mereka agar tetap terjaga dengan baik.
Solecase memberikan tiga jenis perawatan sepatu yang meliputi perawatan classic clean, deep clean, dan additional service. Harga yang ditawarkan pada setiap jenis perawatan beragam mulai dari Rp 15 ribu – Rp 40 ribu bergantung material sepatu. Untuk material sepatu berbahan canvas, pelanggan cukup merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu- Rp  20 ribu. Sedangkan sepatu yang berbahan suede dan nubuck, Solecase mematok harga sekitar Rp  20 ribu- Rp 30 ribu. Biaya perawatan sepatu berbahan kulit mulai Rp 30 ribu - Rp 40 ribu.
“Untuk proses pencucian sendiri, kami memerlukan waktu tiga hari namun pelanggan dapat memesan lebih cepat sesuai dengan keinginan. Jika ingin waktu yang lebih singkat sekitar 2 sampai 1 hari, kami menyanggupi namun akan ada tambahan biaya Rp 5000 - Rp 10 ribu,” ujarnya pada Malang Post.
Tidak hanya proses pencuciannya yang dapat dipercepat sesuai keinginan pelanggan, Solecase memproduksi pula sabun cuci sepatu yang berkualitas. Reynaldi menuturkan, penjulan sabun yang diproduksinya sudah melayani area Jawa , Medan dan Sulawesi. Sekali pengiriman, mereka menyiapkan 11.000-40.000 botol sabun untuk dipasarkan di beberapa wilayah di Indonesia.
“Kami memang memproduksi sabun cuci sepatu sendiri untuk menjaga kualitas sepatu para pelanggan. Tidak semua sepatu dapat dicuci dengan sembarang sabun. Oleh sebab itu, kami ramu sabun khusus agar sepatu yang kami tangani tetap baik,” bebernya.
Dengan modal awal Rp 1 juta, Solecase mampu membuktikan kini jasa pencucian sepatu memiliki prospek bisnis yang semakin menjanjikan dengan keuntungan menggiurkan. (mg9/han)