Uang Muka 1 Persen, Bunga 5 Persen

Melalui program Sejuta Rumah untuk Sahabat, BTN menawarkan uang muka 1 persen untuk pembelian rumah baru.

BTN
MALANG - Program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah mendapat dukungan dari Bank BTN melalui Program Sejuta Rumah Untuk Sahabat. Program ini merupakan produk pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan syarat mudah seperti uang muka hanya satu persen saja.
Relation Consumer Manager BTN Malang, Dafit Prabowo mengatakan, BTN mendukung program pemerintah untuk mengurangi tingginya kebutuhan rumah, terutama bagi masyarakat kelas bawah. “Program Sejuta Rumah Untuk Sahabat ini ditujukan pada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang tengah membutuhkan rumah pertama,” katanya.
Syarat yang mesti dipenuhi paling utama untuk menerima KPR ini adalah masyarakat yang masih belum memiliki tempat tinggal. “Bisa jadi mereka keluarga muda, masih kontrak atau ikut orang tua. Hanya dengan uang muka 1 persen saja, pasti sangat mudah,” beber dia kepada Malang Post.
Dafit menjelaskan, program ini masih lebih menguntungkan ketimbang FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) yang dijalankan perbankan di tahun lalu. Sebab, selain uang muka sangat rendah, suku bunganya pun lebih kecil ketimbang FLPP lalu. “Suku bunga hanya lima persen, fixed hingga tenor berakhir, bisa mencapai 20 tahun,” tegasnya.
Dia menambahkan, calon user untuk mendapatkan fasilitas ini juga harus memenuhi syarat gaji. Maksimal, yang bisa menerima program ini berpenghasilan pokok Rp 4 juta per bulan. Bila di atas itu, tidak berlaku. “Selain itu, rumah yang akan mendapat KPR harus seharga di bawah Rp 115 juta, sesuai dengan syarat dari pemerintah pula,” imbuh Dafit.
Dafit memastikan a BTN tahun ini juga konsentrasi untuk pembiayaan rumah murah. Sehingga proses pengurusan kredit hingga persetujuan KPR dijamin lebih mudah dan cepat. Pria ramah ini menyebutkan, bila program ini bekerjasama pula dengan BPJS Ketenagakerjaan, terutama untuk mempermudah user yang ingin mendapatkan pembiayaan. Kerjasama ini untuk pemberian uang muka kepada calon user yang ingin mendapatkan rumah. (ley/han)