Jelang Lebaran, Penjualan Sofa Meningkat

MALANG – Bulan terakhir semester pertama 2015 ini, warga di Malang mulai aktif mengganti perabotan rumah tangga. Hal ini dibuktikan dengan penjualan furniture, khususnya untuk pilihan sofa bed yang meningkat. Tren ini, seiring mendekatnya momen Lebaran yang kurang 1,5 bulan lagi.
Owner Giri Palma Meubel Malang, Made Raji Mahendra mengatakan, kuantitas customer yang mendatangi outlet furniture semakin meningkat. “Termasuk di tempat kami, dari tiga lokasi di Malang Raya, semua meningkat penjualan produknya,” katanya.
Menurut dia, tidak sampai sepekan ini, penjualan di satu outlet bisa mencapai 10 unit per hari. Terutama, customer yang berburu sofa untuk ruang tamu. “Sebagian besar membeli kursi baru, sebab persiapan untuk lebaran,” ujar dia kepada Malang Post.
Dia menuturkan, ada beragam tipe kursi yang diluncurkan sejak awal tahun ini. Mulai dari L Barca dengan bentuk L, Audy, L Sabrina, Head Rest, Arthur hingga yang paling laris Valencia. “Sofa Valencia ini memiliki bentuik 3, 2, 1, dan sangat cocok bagi rumah modern minimalis,” beber dia.
Made menambahkan, sejak pertengahan Mei lalu pun, harga sofa tersebut telah dibandrol spesial. Misalnya Valencia, kini menjadi Rp 7,9 juta, dari harga awal di kisaran Rp 9 jutaan. Begitu pula untuk tipe santai seperti Sofa L Head Reast yang menjadi Rp 3,6 juta saja.
“Untuk tipe Valencia, warna merah yang menjadi favorit. Hampir setiap hari penjualan untuk tipe Valencia, banyak yang meminta warna merah dan biru,” urai Made panjang lebar.
Sementara itu, sofa tipe Arthur menjadi koleksi yang terhitung baru dan meluncur di Mei lalu. Tipe ini dibandrol sebesar Rp 9,5 juta, dengan bahan yang berkualitas. Menurutnya, tipe ini cocok bagi yang memiliki ruang tamu besar.
Dia menuturkan, tipe berikutnya bagi customer yang memiliki space besar, sangat pas ketika membeli sofa dengan bentuk L. Misalnya L Sabrina, L Barca dan L888. Ketiga sofa ini berturut-turut dibandrol Rp 6,95 juta, Rp 7,9 juta dan Rp 6,85 juta.
“Biasanya, di depan sofa L ada tambahan kursi lagi yang dibuat menyatu. Sehingga, memang memerlukan ruang yang lebi besar,” tambah dia.
Selain permintaan sofa, kitchen set juga menjadi item yang terhitung banyak dipesan oleh customer. Menurut dia, kitchen set lengkap dan custome, menyesuaikan ukuran dapur dari sang pemilik rumah, beberapa waktu terakhir meningkat permintaannya. (ley/han)