Ramayana Targetkan Omzet Naik Tiga Kali Lipat

MALANG – Ramayana Department Store (Alun-alun Mall) bersiap menyambut meriahnya Ramadan dan Lebaran tahun ini dengan target omzet naik tiga kali lipat ketimbang bulan biasa. Demi mewujudkan target tersebut, beberapa program penjualan yang mampu meraup omzet bagus dipakai lagi, sembari memberikan variasi promo terbaru.
Supervisor Ramayana Department Store, Ardianto Kurniawan mengatakan, kenaikan target omzet periode Juni-Juli tahun ini jauh lebih tinggi ketimbang bulan biasa. “Lebaran merupakan momen sales paling menjanjikan bagi department store, selain momen liburan sekolah. Pasti target naik berlipat,” katanya.
Dia menyampaikan, Juni ini saja Ramayana mendapatkan target sebesar Rp 26 miliar. Padahal ketika normal, target omzet masih di bawah Rp 10 miliar. Menurut dia, Ramayana menargetkan growth sebesar 20 persen bila dibandingkan dengan momen jelang lebaran 2014 lalu. Pertumbuhan ini diakui dia lebih rendah ketimbang target tahun lalu. “Sejak awal tahun, hampir semua sektor bisnis mengalami perlambatan. Makanya, growth tahun ini tidak setinggi tahun lalu,” beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Ardi ini menuturkan, tahun lalu target sales naik empat kali lipat. Sementara, untuk persiapan produk (inventory) naik 500 persen. “Untuk tahun ini, inventory pun tidak sebanyak tahun lalu. Koleksi naiknya sekitar 400 persen saja,” sebutnya.
Sementara itu, terkait strategi penjualan, sebagian besar metode promo tahun lalu dipakai lagi. Misalnya dengan program shopping rally, midnight sale, hingga pembukaan outlet satelit di wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di Kepanjen.
“Berdasarkan hasil sales jelang Ramadan tahun lalu, outlet Kepanjen mampu menyumbangkan omzet yang tinggi pula. Bisa mencapai Rp 4 miliar dalam sebulan,” papar dia.
Untuk tahun ini, Ramayana pun melakukan hal yang sama. Mulai 12 Juni mendatang, outlet tersebut mulai beroperasi selama dua bulan. Target sebulan jelang lebaran, diakui dia mencapai Rp 4,5 miliar. “Harus ada pertumbuhan antara 10-12 persen untuk menopang keseluruhan sales Ramayana,” tegasnya.
Ardi menuturkan, Ramayana juga menambah satu program promo baru. Dalam sepekan, khususnya di akhir pekan ada 1-2 produk yang ditawarkan dengan harga lebih spesial. Misalkan harga hanya Rp 100 ribu untuk produk jeans, dari harga normal di atas Rp 200 ribu. “Seperti Emba atau Gabrielle, harga mulai dari Rp 100 ribu. Sepatu dan sandal juga begitu. Pasti setiap pekan ada koleksi fashion yang kami highlight lebih murah,” paparnya.
Sebulan berjalan, program ini diakui sangat berpengaruh pada sales. Koleksi jeans misalnya, bisa terjual hingga 800 pieces dalam sehari.(ley/han)