Modal Ratusan Ribu Bisa Jadi Importir

MALANG – Anggapan bahwa menjadi importir sering dikaitkan dengan modal besar ternyata salah. Hal itu coba ditunjukkan oleh Gaia Even Organizer yang memberikan tips dan trik untuk menjadi importir bermodal kecil.

“Banyak yang berpikir pembelian barang dari luar negeri atau impor produk Tiongkok membutuhkan modal besar. Padahal, dengan modal minim pun bisa dilakukan,” ujar Pembicara Seminar Barang Impor Rizal Arief pasca seminar dari Gaia EO di Best Western OJ, Jumat (12/6/15) malam.

Dia menyampaikan, pembelian barang tidaklah harus sejumlah satuan container yang membuat pebisnis dengan modal kecil sudah keder duluan sebelum beraksi untuk berbisnis impor. Barang dengan harga di bawah Rp 1 juta pun, tetap bisa didatangkan oleh importir pemula.
“Misalnya dengan paket seukuran kardus air mineral sudah bisa. Harganya hanya ratusan ribu saja,” tambah dia.

Dia menuturkan, siapapun Anda, baik mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, semua bisa menjadi importir. Asalkan memahami tips dan triknya, seperti mengenal produsen serta lancar dalam bahasa. “Menjadi importir juga harus meyakini bila barang akan sampai di rumah dengan tepat, selanjutnya dijual untuk menghasilkan keuntungan,” tutur pria berkepala plontos ini.
Arief menguraikan, bila seminar ini memberikan keuntungan peserta akan jaringan. Peserta akan mendapatkan koneksi yang lebih luas dengan panduan dari mentor yang sudah berpengalaman menjadi importir pula.

“Bila tidak paham akan bahasa, tetap ada bantuan. Pertama dari sistem atau aplikasi yang kami berikan,” tegas dia.

Dia menuturkan, menjadi importir paling utama harus memiliki keberanian untuk beraksi. Dari sana, untuk mendapatkan jalan dipastikan lebih mudah pula. “Bila tidak beraksi, mana bisa tahu mudah atau susah menjadi importir. Makanya, dengan modal kecil saja tidak menjadi masalah,” paparnya.

Sementara itu, Jefri Ferdian Manager Gaia EO mengatakan, peserta seminar selain akan terus mendapatkan bimbingan, juga bisa menjadi bagian dari komunitas importir yang dibentuk Gaia. Memanfaatkan teknologi, Gaia segera meluncurkan situs jual beli online bagi importir yang dibimbingnya. (ley/oci)