Seni Mozaik dalam Kaca, Elegan untuk Interior Rumah

MALANG - Inlay Glass bertranformasi menjadi karya seni sekaligus interior pemanis rumah yang elegan. Tidak kalah indah dengan seni kaca patri, kaca inlay kini muncul sebagai alternatif kaca dekoratif di rumah.
Aura Classic Glass di jalan KH. Hasyim Ashari 8D Malang merupakan salah satu perajin yang menghasilkan beragam kaca inlay dengan aneka motif menawan. “Kami memberikan empat pilihan desain untuk pelanggan. Mereka bisa memilih sesuai selera masing-masing. Ada desain flora, fauna, ornamen, dan kaligrafi,” ujar Ayun Oskarim, pemilik Aura Classic Glass.
Dia menambahkan, kini kaca inlay sedang diburu banyak orang. Beberapa pelanggannya bahkan datang dari wilayah Lombok, Jakarta dan Bima. Sebagian besar dari mereka sangat kagum dengan keindahan kaca inlay sebagai dekorasi kaca di hunian mereka.
“Sebagai perajin kaca inlay, saya menilai inlay glass merupakan seni mozaik dalam kaca. Berbeda dengan kaca patri yang terdiri dari aneka warna, kaca inlay tampil lebih elegan dengan warna soft,” paparnya.
Jika kaca patri memiliki permukaan timbul sesuai desain yang dirancang, kaca inlay justru memiliki tampilan yang halus. Ayun menuturkan, kaca inlay terbentuk dengan proses yang cukup rumit. Kaca terlebih dahulu dipotong sesuai dengan desain yang telah dibentuk kemudian dirangkai dan direkatkan dengan lem kaca khusus yang memiliki ketahanan yang bagus. Tahap berikutnya, kaca inlay yang telah dirangkai kemudian ditutup dengan kaca dasar dan diberi sweagle. Hal ini dilakukan untuk menutup rongga antar kaca agar tidak ada udara dan air yang masuk ke dalam lapisan kaca inlay.
Keindahan kaca inlay sebagai variasi dekorasi kaca menjadikan kerajinan ini banjir peminat. Tidak hanya menjadi pemanis pada interior rumah, proses keratif pembuatan kaca inlay telah berhasil menampilkan karya seni kaca yang mampu memikat banyak orang.
“Alhamdulillah, sejauh ini permintaan kaca inlay sangat bagus. Terbukti dengan permintaan pasar yang kian meningkat dan menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Untuk wilayah yang jauh seperti Papua, kami hanya mengirimkan melalui jasa ekspedisi saja. Namun untuk wilayah di sekitar kawasan Malang dan sekitarnya, saya menerima pula jasa untuk pemasangan kaca inlay di masing-masing rumah,” bebernya pada Malang Post.
Harga kaca inlay dipatok berkisar Rp 1,8 juta. Harga tersebut tentu sesuai dengan proses pembuatan yang terbilang rumit. Ayun menambahkan jika pemesanan kaca inlay diperlukan waktu sekitar 1-2 bulan bergantung ukuran dan motif yang dipesan oleh pelanggan.
“Untuk proses pembuatan kaca inlay memang memiliki rentangan waktu yang beragam. Jika ukuran kaca inlay yang dipesan sederhana, maka pembuatannya akan memakan waktu berkisar 1 bulan. Saya pernah menerima pesanan kaya inlay dengan ukuran 64 meter. Dengan ukuran sebesar itu maka pembuatan kaca akan lebih lama sekitar 2- 6 bulan,”tandasnya.(mg9/han)