Targetkan Okupansi 70 Persen

MALANG - Hotel Horison Ultima Malang mencatat prosentase tamu wisatawan lebih besar dalam menyumbang angka okupansi. Tamu tipe ini bisa memberikan sumbangan hingga 60 persen selama semester pertama 2015.
General Manager Horison Ultima Malang, Eddy Kamerlangga mengatakan, catatan ini berbanding 40 persen dengan tipe tamu bisnis. "Untuk saat ini, Hotel Horison masih didominasi oleh tamu yang menginap dengan tujuan berlibur," ujarnya, Sabtu (13/6) malam di sela-sela Agent Travel Gathering di Poolside Horison Ultima Malang.
Menurut dia, angka ini menjadi bukti bila Malang dan beberapa wilayah di sekitarnya sangat bagus sektor wisatanya. Sehingga, tamu pun memanfaatkan Kota Malang sebagai tempat menginap. "Misalnya liburan ke Batu dan Bromo. Makanya, hasil okupansi kami pun didominasi tipe ini," beber dia kepada Malang Post.
Pria asal Jambi ini menuturkan, berdasarkan review tersebut, pihaknya pun serius menggarap paket bagi wisatawan. Termasuk bekerjasama dengan agen travel memberikan keunggulan price dan paket yang menarik.
"Catatan pula bila tamu yang tujuannya untuk liburan sangat memanfaatkan agen travel, baik yang online maupun offline. Sehingga kami harus benar-benar bekerjasama dengan travel agen. Tetapi kami juga tidak akan meninggalkan program bagi tamu lain," papar dia panjang lebar.
Dia menjelaskan, tugas bagi Horison untuk menyasar tamu yang pergi ke Malang untuk tujuan bisnis. Misalnya dari corporate di luar daerah yang sedang kunjungan kerja. Tidak hanya membantu keterisian kamar, namun sisi bisnis lain dipastikan terangkat. "Sektor MICE yang kini jadi tanggungan untuk kami bidik. Sebab fasilitas di tempat ini juga sangat memadai," paparnya.
Menurut pria ramah itu, hingga akhir Mei lalu, hotel ini mencatatkan angka okupansi 55 persen sedangkan target mereka sepanjang tahun ini 70 persen.(ley/han)