Jambuluwuk Penuhi Target Okupansi

MALANG - Jambuluwuk Batu Village and Resort kian menjadi jujukan bagi wisatawan yang ingin merasakan sejuknya berlibur di Kota Batu. Hal ini dibuktikan dengan capaian okupansi akhir Mei lalu yang mencapai 80 persen dan menjadi bekal untuk memasuki bulan puasa yang dimulai hari ini.
"Keterisian hunian sangat bagus, meskipun sempat low di awal tahun. Okupansi sesuai dengan target, sebesar 70 persen," ujar Sales and Marketing Jambuluwuk Batu Village and Resort Feni Yunita.
Menurutnya, month to date Jambuluwuk hingga pertengahan bulan ini sebesar 70 persen. Padahal sempat ada kekhawatiran okupansi akan rendah sebab di awal bulan ini berbarengan dengan persiapan liburan dan Ramadan.
"Belum lagi persaingan dengan bisnis penginapan lain di Batu juga kompetitif. Beberapa hotel tepat di samping lokasi wisata kerap menjadi jujukan utama bagi wisatawan," beber dia kepada Malang Post.
Feni menjelaskan, selama dua pekan ke depan hunian memang terhitung rendah. Menurutnya, resort yang terdiri dari 30 bangunan vila ini menargetkan keterisian 60-70 persen hingga akhir tahun. "Ketika puasa, yang liburan lebih terbatas. Namun masih ada tamu yang berlibur di momen itu," tegas dia.
Dari catatan tersebut, sesuai dengan pengakuan Feni, 60 persen tamu di Jambuluwuk berasal dari Surabaya. Sisanya seperti Bandung dan Jakarta serta tamu dari kawasan Asia Timur. Feni mengakui memiliki beberapa strategi agar bisnis tetap terjaga selama masa Ramadan. Misalnya dengan memberikan promo untuk room, food and beverages hingga fasilitas lain. Vila diberikan diskon hingga 50 persen untuk periode 17 Juni sampai dengan 12 Juli 2015. Berlaku baik weekend maupun weekdays.
"Ada diskon 25 persen untuk paket menginap include tiket masuk ke Museum Angkut," tambah perempuan ramah ini.
Untuk fasilitas, Jambuluwuk pun memberikan kesempatan tamu non room merasakan promo hingga 50 persen. Misalnya paket billiard menjadi Rp 30 ribu per jam, Flying Fox Rp 40 ribu dan outbond Rp 60 ribu.
Hotel yang berada di kaki Gunung Bale ini memiliki menu buka puasa dengan harga hanya Rp 50 ribu, all you can eat. "Untuk hari Sabtu, ada bazaar dan pesta barbeque yang akan dimulai pukul 17.00 WIB, sesaat sebelum buka puasa," pungkas dia. (ley/han)