Model Oke Disukai Lintas Generasi

MALANG – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua model terbaru di kelas skuter matik (skutik) akhir tahun lalu. Seri bernama All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT Pop eSP menghentak pasar otomotif roda dua dan memperkuat Honda ketika menjangkau customer, termasuk di Malang Raya.
Supervisor Honda MPM Malang-Blitar, Johnsen mengatakan, dua seri terbaru ini kian memperkuat market share di tahun ini. Di kelas matik, prosentase penjualan memimpin 80 persen untuk area karesidenan Malang. “Kami semakin unggul di kelas matik. Tahun ini prosentase meningkat sekitar 10 persen dibanding dengan periode yang sama tahun lalu,” katanya.
Menurut dia, tipe BeAT paling mendominasi penjualan. BeAT Seri es memberikan sumbangsih sekitar 60 persen dan diikuti tipe Vario, Scoopy dan Spacy. “All New BeAT memang memiliki jangkauan customer yang lebih luas, mulai dari anak muda hingga ibu rumah tangga. Sehingga, penjualannya pun paling banyak,” beber dia kepada Malang Post.
Johnsen menyampaikan, pasca peluncuran di awal tahun ini untuk wilayah Malang, customer mendapatkan alternatif lebih beragam sesuai perkembangan tren. Generasi muda dan populasi peminat model ini yang semakin besar. Selain itu, skutik Honda ini telah dilengkapi teknologi canggih Enhanced Smart Power (eSP) yang makin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, sehingga semakin memperkuat posisi sepeda motor Honda sebagai sepeda motor irit di Indonesia.

Dia menyebutkan, bila All New Honda BeAT POP eSP hadir dengan konsep desain yang stylish dan memiliki lekuk yang lebih halus. Model ini tetap mempertahankan ukuran bodi ramping yang cocok dan nyaman bagi masyarakat Indonesia. Kehadirannya mengusung beragam fitur unggulan yang semakin diperkaya dengan fitur skutik kelas atas.
Menurutnya, mengusung mesin baru 110cc eSP yang merupakan inovasi canggih generasi terbaru matik Honda, motor ini dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi. Selain itu efisiensi bahan bakar lebih baik dan ramah lingkungan, yang dirangkai secara ringan dan compact . “eSP merupakan rangkaian teknologi terbaru yang diterapkan Honda secara global sejak 2011 melalui Honda PCX 125. Di Indonesia, AHM mempelopori pengaplikasian eSP sejak 2012,” paparnya.
Teknologi pada eSP memberikan pembakaran sempurna melalui rotasi vertikal dan aliran maksimal saat pencampuran bahan bakar dengan udara, sehingga penyebaran lebih merata. Selain itu, teknologinya mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder bertekstur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.
“Selain itu, eSP terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS). Fitur yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi,” urai dia panjang lebar.

All New Honda BeAT Pop eSP yang memiliki ketinggian jok ke tanah yang lebih rendah pada 735mm, dihadirkan dengan busa pelapis jok bagian depan lebih empuk demi kenyamanan pengendara terutama dengan ukuran badan yang lebih kecil. “Yang pasti lebih stylish dengan teknologi yang memberikan kenyamanan pada pengendaranya,” pungkas Johnsen. (ley)