Sambut Lebaran, Datsun Target 60 Unit

MALANG – Diler mobil Datsun Malang menargetkan peningkatan sales medio Juni ini. Sales dipatok meningkat 20 persen dibanding bulan sebelumnya. “Ketika normal penjualan dipatok sebanyak 50 unit per bulan,” ujar Supervisor Datsun Malang, Bayu Luberizky.
Walaupun mematok kenaikan penjualan, namun Bayu mengungkapkan pihaknya tidak berani menargetkan peningkatan sales terlalu besar pada bulan yang juga bertepatan dengan momen pergantian tahun ajaran di dunia pendidikan tersebut. Pasalnya, minat customer untuk berburu roda empat dipastikan terpecah dengan persiapan sekolah anak maupun bersiap menyambut lebaran.
Hal ini pun telah terbukti berdasarkan sales medio Mei lalu. Pasca sukses dengan penjualan di atas 65 unit per bulan di Maret-April, Datsun sedikit mengalami penurunan sales. Menurut dia, sales bulan lalu terhitung rendah bila dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya. Datsun berhasil menjual dua jenis kendaraannya sebanyak 50 unit. Padahal, sejak awal tahun penjualan sudah terhitung bagus dengan sales antara 55-65 unit per bulan.
“Bulan lalu kami hanya mencapai target, belum melebihi. Sales Mei termasuk sepi. Makanya, setelah melihat kondisi pasar otomotif, jelang lebaran ini target tidak terlalu muluk. Hanya sedikit di atas target rata-rata tahunan,” papar dia kepada Malang Post.
Menurut Bayu, momen lebaran kerap dimanfaatkan oleh customer untuk membeli berbagai macam hal yang baru, termasuk kendaraan. Tidak salah bila sektor bisnis, termasuk diler otomotif optimis akan sales-nya di Juni-Juli ini. “Diler lain pasti targetnya meningkat. Cuma prosentasenya berbeda,” tambahnya.
Sementara itu, dalam upaya menggapai target, Datsun memaksimalkan promo ketika pameran. Seperti dengan memberikan fasilitas DP lebih murah hingga angsuran yang lebih ringan. Datsun bekerjasama dengan finance memberikan kesempatan bagi customer untuk membeli mobil dengan cicilan sangat ringan ketimbang biasanya.
Selain itu, peluang menggapai target di bulan ini ditunjang pula dengan kehadiran dua outlet baru sejak April lalu di Kepanjen dan Batu. “Sales dari dua lokasi baru ini terhitung bagus dengan menyasar masyarakat di kawasan Kabupaten Malang dan Batu,” tambahnya.
Dia menambahkan, bila dalam waktu dekat akan menggelar showroom event yang terbukti dapat menarik minat customer. Diakuinya, showroom event menjadi satu andalan sales tambahan, karena bisa menghasilkan SPK antara 20-30 unit per hari. (ley/han)