Hotel Maksimalkan Bisnis dengan Paket Berbuka

MALANG – Bisnis perhotelan memanfaatkan masa Ramadan dengan memberikan program spesial berbuka puasa untuk menyeimbangkan pendapatan bisnisnya. Tak terkecuali Best Western OJ Hotel Malang yang mengusung tema Ramadan Kareem periode Juni-Juli tahun ini.
Marketing Communication Manager Best Western OJ Hotel Malang, Ledya Shelfy mengatakan, hotel dipastikan melakukan langkah yang sama untuk menyiasati rendahnya hunian di masa puasa. “Tidak bisa dihindari memang ketika puasa tingkat hunian pasti lebih rendah. Untuk itu, strateginya dengan memaksimalkan bisnis Food and Beverages (F and B),” katanya.
Menurut dia, hotelnya mengusung tema Ramadan Kareem yang berlaku sejak 18 Juni lalu dan akan berakhir pada pertengahan bulan depan. Program ini memberikan penawaran paket berbuka puasa di tiga tempat berbeda yang ada di Best Western.
“Ada Skyroom di Lantai 12, Pandanwangi Restaurant dan buka puasa di meeting room. Harganya pun berbeda,” ujar Shelfy.
Dia menyampaikan, paling menarik untuk paket berbuka ini ketika menikmatinya di Skyroom. Budget Rp 89 ribu ++ per pax, maka tamu bisa berbuka puasa sepuasnya di lantai tertinggi hotel yang beralama di Jalan Dr. Cipto tersebut. Tidak hanya itu, ketika memilih berbuka di tempat ini, tamu juga bisa berpesta barbeque. Pilihannya, sosis, kakap atau ayam. Sementara, untuk beragam menu berbuka mulai dari takjil, buah segar, es selasih hingga makanan utama.
“Menunya setiap hari berganti. Bisa western, oriental dan dipadukan dengan tradisional. Yang paling seru dengan memanfaatkan barbeque. Bisa datang beramai-ramai atau bersama orang terkasih,” jelas dia panjang lebar.
Menurutnya, Ramadan Kareem bisa pula dinikmati di Pandanwangi Resto. Perbedaan dengan Skyroom, tamu tidak bisa berpesta BBQ. Bandrolnya dipatok lebih murah, sebesar Rp 65 ribu nett per pax. “Bila ingin mengambil paket meeting, harganya Rp 75 ribu per pax dengan minimal reservasi untuk 20 orang,” paparnya.
Dia menambahkan, harga kamar pun dipatok lebih murah pada masa Ramadan. Best Western mematok harga mulai dari Rp 399 ribu nett, dan sudah mendapatkan menu sahur atau berbuka puasa ditambah takjil.
Shelfy menyampaikan, Ramadan ini hotelnya memasang target okupansi sebesar 70 persen. Dia mengakui, angka ini terhitung tinggi, pasalnya hotel masih melihat ada celah untuk menerima tamu. “Bulan ini kan barengan dengan libur sekolah juga. Masih bisa mencapai angka itu, walaupun tidak bisa setinggi bulan lainnya,” pungkas dia. (ley/han)