Alfamart Buka 48 Gerai di Manila

JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) sudah membuka 48 gerai Alfamart di Manila, Filipina. Gerai ini dibuka dengan sistem franchise alias waralaba. Presiden Direktur Sumber Alfaria, Anggara Hans Prawira mengatakan, ekspansi gerai tersebut dilakukan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Ekspansi ini dilakukan oleh anak usaha perseroan yang bernama Alfa Retail Asia.
"Tiap buka (gerai) itu ramai, antre banyak yang mau beli. Kami di Manila cuma keluar USD 2 juta untuk investasi 35 persen di perusahaan logistik," katanya di Jakarta, Senin (6/7/2015).
Sementara di dalam negeri, perusahaan ritel itu sudah punya 10.086 gerai Alfamart, 805 gerai Alfamidi, dan 99 gerai Lawson hasil kerjasama dengan Jepang. Perusahaan juga punya 64 toko Dandan milik anak usahanya Sumber Indah Lestari.
"Tokonya namanya Dandan, ini toko alat kecantikan dan kesehatan. Modelnya kita buka di perumahan-perumahan," ujarnya.
Di tengah ekonomi lesu seperti sekarang ini, perusahaan membidik pertumbuhan penjualan sebesar 15%. Anggara tidak ingin muluk-muluk perusahaan bisa raih pertumbuhan yang tinggi.
"Kita tidak bisa berharap (pertumbuhan penjualan) lebih bagus dari tahun lalu karena kita tahu daya beli menurun," ungkapnya.(dtc/han)