Citilink Tambah Extra Flight

MALANG - Maskapai berbiaya murah (low cost carrier) Citilink turut merasakan peningkatan trafik penumpang menyambut lebaran tahun ini. Hal ini terbukti dengan penambahan slot baru (extra flight) mulai Jumat (10/7/15) besok, sehingga penerbangan Malang Jakarta dan sebaliknya akan berlangsung dua kali dalam sehari.
Branch Manager Citilink Malang Fajar Indra mengatakan, maskapainya memenuhi permintaan calon penumpang di tahun ini yang kian meningkat, masyarakat memilih mudik dengan menggunakan pesawat terbang. "Tren mudik dengan pesawat membuat maskapai menambah slot, termasuk Citilink," katanya.
Menurut dia, Citilink belajar dari pengalaman tahun lalu, ketika anak perusahaan dari Garuda ini tidak ada extra flight. Sejak dua pekan sebelum lebaran, Indra mengakui load factor untuk arus balik dari Malang -Jakarta sudah menembus 80 persen."Begitu lebaran, Citilink sudah tidak memiliki kursi untuk dijual kepada customer karena terisi penuh," beber dia kepada Malang Post.
Indra menjelaskan, tahun ini hal itu pun tetap berlaku. Sejak Juni, pemesanan tiket sudah dilakukan oleh customer. Tercatat, ketika hari pertama Juli, tiket penerbangan normal sudah penuh antara 19-25 Juli. "Sudah 100 persen untuk arus balik H+2 hingga H+7 lebaran, untuk penerbangan pertama. Sedangkan slot tambahan sudah mencapai 50 persen sekarang," urai dia.
Dia menyebutkan, untuk penerbangan kedua tujuan Malang-Jakarta, dijadwalkan pukul 12.50 WIB. Sama dengan penerbangan pertama, rute Jakarta akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma. "Jam kedua lebih siang dan sangat disukai penumpang. Makanya, sekarang sudah lebih dari 50 persen terisi untuk extra flightnya ketika arus balik. Arus mudik mulai besok pun, dua flight sudah terisi 90 persen, " sebutnya.
Extra flight ini pun dipastikan menambah ramai Bandara Abd Saleh di momen lebaran. Selain Citilink, tercatat Sriwijaya Air juga ada extra flight sehingga melayani empat penerbangan dalam sehari. Bila ditambah Garuda sebanyak dua flight serta Batik Air satu flight, total akan ada sembilan penerbangan ke Jakarta. Sriwijaya, efektif menambah flight mulai 20 Juli 2015. (ley/han)