Target Omset Pegadaian Rp 13,5 Triliun

MALANG – Pegadaian Kanwil XII Jawa Timur menargetkan omset sebesar Rp 13,5 triliun sepanjang tahun 2015 ini. Angka ini meningkat 25 persen ketimbang tahun sebelumnya.
Pemimpin Wilayah XII Pegadaian, Ngadenan mengatakan, overall, pertumbuhan Pegadaian di tahun ini dipatok naik 25 persen. Mulai dari omset, outstanding loan (OSL) hingga laba dipatok jauh lebih besar di tahun ini.
“Tahun ini, kami menargetkan pertumbuhan yang maksimal. Malahan bisa melebihi 100 persen dari target,” bebernya, di sela-sela Buka Puasa Bersama Pegadaian baru-baru ini.
 Menurut dia, selama 2015 ini OSL yang dipatok sebesar Rp 3,7 triliun. Sementara, hingga akhir Juni lalu, penyaluran dana dari Pegadaian telah mencapai Rp 3,4 triliun. “Untuk area Jawa Timur, kami optimis bisa menembus 102 persen,” papar dia kepada Malang Post.
Pencapaian hingga berakhirnya semester pertama lalu, telah mencapai 95 persen. Hasil tersebut menunjukkan bila Pegadaian tetap mendapat kepercayaan di hati masyarakat. Ngadenan mengatakan, hingga akhir tahun mendatang, Pegadaian menargetkan laba sebesar Rp 370 miliar. Saat ini, pencapaian sudah di atas 50 persen dengan laba sebesar Rp 200 miliar.
Menurutnya, target dan raihan Pegadaian ini karena pelayanan yang kian mudah dan jangkauan yang luas. Beberapa layanan, dipastikan hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. “Hanya sesaat langsung cair. Baik pembiayaan, investasi hingga transaksi lainnya,” tegasnya.
Sementara itu, untuk area Malang, OSL hingga akhir Juni lalu sudah tercapai hingga Rp 497 miliar. Untuk target, hingga akhir tahun Pegadaian Area Malang mematok penyaluran OSL mencapai Rp 535 miliar. “Angka ini tetap didominasi pembiayaan untuk gadai emas, sebesar 90 persen,” ujar Pinwil Deputy Bisnis Pegadaian Malang, Elvi R. (ley/aim)