Pertamina Naikkan Stok Premium Hingga 30 Persen

MALANG - Menghadapi Lebaran 1436 H, Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) telah bersiap menerima peningkatan konsumsi BBM dan LPG di wilayah kerjanya. Stok ditingkatkan maksimal hingga 30 persen, terutama untuk jenis premium yang diprediksi paling tinggi angka konsumsinya.
Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region V Heppy Wulansari menjelaskan, wilayah Malang Raya selalu mengalami peningkatan konsumsi BBM dan LPG yang signifikan setiap masa Lebaran. Selain kebutuhan untuk arus mudik, Malang juga merupakan area wisata unggulan di Jawa Timur.
"Semua wilayah pasti mengalami peningkatan stok. Untuk wilayah Malang Raya, pasti kian ramai juga, selain untuk mudik tetapi juga liburan," ujarnya.
Menurut dia, Lebaran 2015 ini, Pertamina mengantisipasi peningkatan konsumsi premium sampai 30 persen di atas konsumsi normal. Sedangkan untuk LPG 3 kilogram antisipasi peningkatan stock sampai dengan 15 persen. "Sementara untuk solar, meskipun terjadi penurunan terkait larangan beroperasi kendaraan berat pada pada H-4 s.d H+1, namun stock kami siagakan secara normal,” urai Heppy
Menurut dia, sepanjang 2015, angka konsumsi normal premium di Malang Raya mencapai 1.100 kiloliter per hari. Sementara untuk solar sebesar 400 kiloliter per hari dan LPG 3 kilogram sekitar 121.340 tabung per hari. Heppy menerangkan, peningkatan ini juga didukung dengan penambahan jam operasi Terminal BBM Malang  khususnya pada H-7 sampai dengam H+7 Lebaran.
Menurutnya, untuk mengantisipasi pangkalan-pangkalan LPG yang tutup atau mudik pada masa Lebaran, Pertamina akan menyediakan di beberapa SPBU serta menyiagakan agen dan  pangkalan untuk tetap buka pada hari Lebaran. “Saat Lebaran banyak pangkalan yang tutup karena karyawan mudik ke kampung halaman. Oleh karena itu kami menyiapkan 42 SPBU sebagai outlet LPG dan menyiagakan 8 agen serta 80 pangkalan tersebar di Malang Raya untuk tetap buka di masa Lebaran,” jelas Heppy
Selain di SPBU, agen dan pangkalan, masyarakat juga bisa mendapatkan layanan LPG di 49 Indomaret di wilayah Malang Raya. Heppy memastikan, antisipasi ini bertujuan memberikan rasa aman dan kelancaran masyarakat dalam bersilaturahmi
"Untuk memastikan penyaluran BBM dan Non BBM berjalan lancar selama masa akhir Ramadan dan Lebaran, Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) terhitung mulai 2 Juli lalu hingga 1 Agustus 2015 mendatang," tegasnya.(ley/han)