Belanja Berkah untuk anak yatim dan dhuafa

MALANG - Bulan Ramadan yang penuh berkah tahun ini dimanfaatkan sejumlah pihak sebagai momen berbagi kepada sesama. Umumnya momen berbagi terhadap sesama tersebut disalurkan melalui lembaga-lembaga amil zakat yang ditujukan bagi anak yatim dan kaum dhuafa yang membutuhkan bantuan. Uniknya, Di Malang ada lembaga amil zakat nasional yaitu Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang menyalurkan santunannya dengan mengadakan acara “Belanja Berkah” bagi anak yatim piatu dan kaum dhuafa dari berbagai yayasan se-Malang Raya.
Dilaksanakan di Mall Giant MOG Malang, Acara santunan yang dikemas sedemikian rupa memungkinkan anak yatim piatu dan kaum dhuafa yang rata-rata berusia anak SD tersebut berbelanja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pokok masing-masing. “Biasasnya, kegiatan santunan yaitu dengan mendatangi yayasan panti asuhan dengan membawa uang dan barang-barang kebutuhan pokok yang sudah ditentukan.” ungkap Imam Pujiono selaku Ketua Panitia acara. “Dengan diadakannya Belanja Berkah seperti ini anak-anak akan dapat memilih barang-barang sesuai keinginan dan kebutuhan anak yang berbeda-beda.”, sambung Imam. 
Senin siang itu (13/7), sekitar 250 anak yatim piatu dan kaum dhuafa dengan membawa voucher senilai Rp. 200.000,- setiap anak dan didampingi 11 orang anggota BMH Malang, mereka berbelanja mengelilingi Giant MOG dibantu arahan dari pihak Mall. Walaupun acara berbelanja dibatasi sampai jam 3 sore, anak-anak terlihat senang dan bersemangat memilih barang belanjaan yang mereka kehendaki. Sebelum berangkat ke Mall sekitar jam 11 mereka berkumpul untuk mendapatkan arahan dari pihak BMH Malang dan melakukan salat dhuhur berjamaah.
Acara ini diselenggarakan berkat kerjasama beberapa pihak diantaranya Pimpinan Daerah Hidayatullah Malang, Biro Perjalanan Umrah dan Haji PT Tiga Cahaya Utama dan Solusi Balad Lumampah Malang, tokoaulia.com, serta tidak lupa MOG Giant Malang.
Sudah kali ketiga agenda rutin di bulan Ramadan acara Belanja Berkah ini dilaksanakan. Setiap tahunnya anak yatim dan dhuafa bergantian mendapat santunan. Program BMH tidak hanya itu saja, beberapa program yang diadakan diantaranya program Beasiswa Berkah bagi anak yatim dan kaum dhuafa yang sudah dibina sekitar kurang lebih 1600 anak setiap bulannya dari berbagai wilayah Malang Raya, program dakwah dan kajian di instansi-instansi di Malang, program zakat fitrah muallaf tengger, dan membantu bencana alam dan program-program kepedulian lainnya.
Kepala BMH cabang Malang M. Humam Hidayat, S.S. menyatakan harapannya bahwa kesadaran dan kepedulian semakin tinggi terhadap sesama serta melalui program kepedulian semacam ini dapat membantu masyarakat lebih mudah dalam menunaikan zakat, infaq, sedekah, wakaf, hibah dan dana kemanusiaan lainnya lebih tersalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya sesuai dengan ketentuan syariat. BMH Malang juga menerima bantuan dari masyarakat dalam menyalurkan zakat, infaq, sedekah, wakaf, hibah dan dana kemanusiaan lainnya melalui  nomor rekening BCA 315 3300 000 atas nama Baitul Maal Hidayatullah dan dapat menghubungi nomor Call Center 085104717000. (mp3/sir)