Rabu, Operasional Perbankan Normal Kembali

MALANG - Hingga Selasa (21/7/15) bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan jasa layanan perbankan mesti bersabar terlebih dulu. Pasalnya, bank baru beroperasi normal Rabu (22/7/15) pasca libur lebaran sejak tengah pekan lalu.
Pemimpin BRI Syariah Cabang Malang, Agung Wahyudi Rahardjo mengatakan, bila pelayanan kepada nasabah akan mulai berlaku di tengah pekan ini. "Senin kami masih tutup total dan beroperasi terbatas keesokan harinya (Selasa)," katanya.
Menurut Agung, operasional akan berlangsung normal Rabu (22/7/15). Untuk hari tersebut, layanan simpanan, penarikan dalam jumlah besar maupun pembukaan rekening akan dibuka kembali. "Bagi masyarakat atau nasabah yang butuh pelayanan normal, ya hari Rabu. Selasa masih terbatas pada permintaan dan pemesanan dari outlet tertentu," papar dia kepada Malang Post.
Menurutnya, karyawan yang melayani pun terbatas. Tidak semua karyawan telah bekerja normal, karena masih dalam masa libur lebaran. "Semua sudah bekerja maksimal pas Ramadan dan jelang lebaran," tambahnya.
Kepala Kantor Perwakilan BI (KPw BI) Malang, Dudi Herawadi mengatakan, operasional semua perbankan dipastikan berjalan normal, Rabu. Sebelum itu, beberapa bank berbeda dalam memberikan pelayanan.
"Untuk libur, semua akan berlangsung hingga Selasa (21/7/15). Tetapi ada perbankan yang sudah beroperasi, termasuk BI namun masih terbatas saja," beber dia.
Menurut Dudi, layanan terbatas misalnya kliring dan penyelesaian transaksi di pekan sebelumnya. Selain itu, layanan untuk bank umum seperti permintaan uang tunai. Sebab, di masa lebaran, tingkat kebutuhan uang tunai dipastikan meningkat.
"Operasional bank untuk melayani transaksi kepentingan umum. Seperti menerima pembayaran untuk penebusan BBM dan permintaan pengisian mesin ATM di suatu titik tertentu," tambah dia. (ley/han)