Trafik Araya Meningkat Berkat Kuliner

MALANG - Pusat perbelanjaan Plaza Araya mulai merasakan perubahan konsep yang digalakkan sejak tahun lalu. Memperbanyak tenant kuliner, membuat mall tersebut menjadi jujukan untuk merasakan momen lebaran pengunjung bersama keluarga. Dua pekan terakhir, average kunjungan (trafik) di kisaran 2600 orang per hari.
Angka tersebut meningkat 40 persen ketimbang hari normal. Biasanya, Plaza Araya menerima kunjungan antara 1600-1800 orang per hari. "Trafiknya lumayan meningkat sejak sepekan sebelum lebaran hingga hari ini (kemarin, red). Dibanding tahun lalu, meningkat 20 persen," ujarnya.
Menurut dia, tipe pengunjung sepekan jelang lebaran merupakan masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan hari raya. Misalnya dengan tujuan ke Giant dan Toeng Market, atau beberapa tenant fashion seperti Rumah Batik, Fladeo, Walrus, hingga butik seperti Marella dan Tien. "Setelah lebaran, tamu lebih banyak ke tenant makanan, baik yang berada di area dalam plaza maupun di sisi luar," beber General Affair Plaza Araya, Adityo Nugroho.
Dia merinci, sepekan jelang lebaran, angka kunjungan selalu di atas 2000 orang per hari. Selain berbelanja di tenant reguler, pengunjung juga memburu koleksi fashion di atrium yang tengah dibandrol spesial. "Ada bazar di atrium yang terhitung menyedot perhatian pengunjung. Sebagian besar yang berburu koleksi fashion di Plaza Araya, pasti menyempatkan diri melihat bazar dan berbelanja," papar dia panjang lebar.
Menurut pria yang akrab disapa Tyo ini, ketika lebaran tiba, pengunjung berubah tujuan. Lebih banyak yang menyasar tenant kuliner seperti House of Wok, NFC, KL Suki, Excelso hingga D'Flavors.
"Mereka datang bersama keluarga untuk menikmati masa lebaran bersama. Satu tenant, bisa menerima 100 orang lebih per hari," terang dia kepada Malang Post.
Bahkan menurut Tyo, trafik bisa melebihi 2600 per hari. Pasalnya, ada beberapa tamu yang memilih tidak memasuki area dalam mall. Menurutnya, pengunjung D,Flavors misalnya, tidak sedikit yang parkir di tepi jalan raya dan langsung menuju resto. "Otomatis, tidak masuk dalam hitungan. Yang terlihat hanya beberapa tamu yang masuk ke tiga pintu mall," urainya.
Sementara itu, Manager D'Flavors Aldion Rangga menyebutkan, dalam sehari, tamu bisa mencapai 300 orang per hari selama lebaran. "Meningkat 50 persen untuk tamu resto. Pas normal, sekitar 200 orang per hari," sebut pria yang akrab disapa Dion ini.(ley/han)