Awalnya Hobi, Ade Yori Berbisnis Gundam

Anime Gundam sangat populer, dan kini menjadi lahan bisnis para penggemarnya.

Malang- Gundam merupakan serial anime populer asal Jepang yang telah mendunia. Anime yang mengenalkan tokoh robot gundam ini, kian populer di awal tahun 90-an. Kepopuleran Gundam rupanya juga menghasilkan bisnis waralaba yang menguntungkan.
Ade Yori Maulana, salah satu penggemar anime Gundam berujar bahwa, selain hobi merakit ia juga menggunakan kepopuleran gundam tersebut sebagai bisnis. Ia telah memulai bisnis jual beli gundam rakit tersebut sejak satu tahun yang lalu. Awalnya cuma hobi saja, tetapi ketika teman-temannya mulai tertarik dan mempercayai untuk mencarikan Gundam terbaik seperti miliknya, akhirnya ide bisnis pun lahir.
“Basic bisnis saya memang lebih ke online, tetapi ada saja yang datang untuk lihat dan langsung konsultasi ke saya perihal seri gundam terbaru dan lainnya,” tambah Yori saat ditemui di kediamannya, Kamis (23/7/15).
Seri Gundam Model Kit yang paling diminati atau dicari adalah seri UC (Universal Century) Original keluaran Bandai. Dengan dipatok harga mulai Rp 150 ribu – Rp 3 juta, pelanggan bisa dapat menyalurkan hobi merakit Gundam.
Terdapat seri Gundam terbaru, tambah Yori, yaitu seri Gundam Tekketsu yang dibandrol mulai dari Rp 125 ribu – Rp 300 ribu keluaran Bandai.
Selain seri UC, terdapat pula seri SEED dengan kisaran harga Rp 150 juta – Rp 3 juta, hampir sama dengan seri UC. Yori menambahkan semua harga seri tersebut juga tergantung dengan scale (perbandingan ukuran model dalam centimeter) dan detail dari model kit nya sendiri.
Scale yang ditawarkan diantaranya NG 1: 144, NG 1: 100, HG 1: 144, HG 1:100, MG 1:100, PG 1: 60 sampai Mega Size 1: 48. Untuk scale NG kisaran harga dari Rp 80 ribu – Rp 500 ribu, untuk Scale HG bisa mencapai Rp 3 Juta, kemudian Scale MG dimulai dari Rp 200 ribu – 3 juta, dan Scale Mega size yang dimulai dari Rp 1 juta.
Yori berujar terdapat permintaan seri Gundam yang agak susah dicari namun banyak peminatnya. Yaitu Gundam seri Vintage. Gundam Seri Vintage adalah seri Gundam keluaran lama antara tahun 80-an. “Seri Vintage banyak yang cari karena memang klasik. Seperti penyuka mobil, terdapat pula kumpulan orang-orang yang minat dengan mobil klasik, begitu juga dengan penyuka Gundam,” Ungkap Yori pria asal Banyuwangi ini.
Ia menambahkan, Order peminat Gundam, terbanyak datang dari Malang. selain itu terdapat juga orderan yang datang dari Jogja dan Surabaya. Koleksi Gundam Model Kit Ade, banyak didatangkan langsung dari Jakarta.
Ia mengatakan prospek bisnis jual beli Gundam Model Kit ini dapat terus meningkat terlebih di Malang. hal ini dikarenakan, banyaknya penggemar Gundam datang dari kalangan muda-mudi khususnya mahasiswa. “Merakit Gundam itu membawa kesenangan sendiri, namun jika kesenangan tersebut bisa menjadi uang kenapa tidak ?,” Pungkas Yori, yang pernah mengikuti lomba Model-Kit Gundam tahun 2014 kemarin. (mg9/oci)