Promo BTS, Tas Sekolah Paling Laris

MALANG – Hari Raya Idul Fitri yang telah berlalu tidak langsung membuat bisnis department store ditinggalkan oleh pelanggan. Sebab, untuk tahun ini program dilanjutkan dengan Back to School (BTS) yang mengusung produk untuk keperluan sekolah, sehingga koleksi seperti tas, seragam hingga sepatu memiliki peminat cukup tinggi.
General Affair Centerpoint Department Store, Daniel Wahyu Setiawan mengatakan, sepekan terakhir paling terasa untuk dominasi sales di koleksi BTS. “Setelah Ramadan dan lebaran, langsung terlihat tas dan sepatu laris manis,” katanya.
Menurut dia, aneka macam tas baik untuk anak-anak hingga remaja diburu karena kebutuhan untuk tahun ajaran baru. Dia mengakui, koleksi tersebut sebelumnya tergolong masih minim peminat sekalipun sudah mendekati masuk sekolah. “Biasanya, sejak awal Juli pasti sudah ramai yang ingin membeli koleksi tas, buku tulis dan sepatu. Namun tahun ini banyak yang menunggu dan membagi dananya untuk memenuhi kebutuhan lebaran,” beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Deni ini menyebutkan, begitu lebaran selesai, maka pelanggan sudah bisa memiliki sisa dana yang langsung dimaksimalkan untuk pemenuhan sekolah anak. Sehingga BTS menjadi andalan untuk menarik minat pelanggan berbelanja.
“Sejak awal pekan lalu, pelanggan yang datang dominan membeli kebutuhan sekolah. Meskipun ada beberapa yang masih membeli koleksi fashion,” sebutnya.
Item terlaris, diakui dia tas sekolah. Berbagai model tas sekolah disiapkan oleh Centerpoint. Mulai dari tas trolly yang kini digemari hingga tas tiga dimensi yang kini mendominasi koleksi tas khususnya untuk anak-anak. Dalam sehari, penjualan bisa menembus tiga digit, untuk tas dalam berbagai model. “Misalnya tas tiga dimensi ini, sehari antara 60-70 pieces bisa terjual. Padahal, sebelum lebaran lalu paling banyak sekitar 10 unit,” urainya.
Alumnus Universitas Brawijaya ini mengungkapkan, menyambut tahun ajaran baru, pelanggan lebih bebas ketika ingin memenuhi kebutuhan sekolah anak. Sang anak pun memanfaatkan uang saku yang didapat saat lebaran untuk menambah kebutuhan sekolah. “Bisa juga membeli seragam atau sepatu. Buku tulis juga laris, bisa terjual hingga dua koli per hari,” tambah dia.
Menurutnya, di tahun ini Centerpoint tidak memiliki program sales layaknya tahun sebelumnya ketika berlangsung momen BTS. Promo hanya berlangsung in store, tidak ada event pameran di Atrium. Akan tetapi untuk inventory product, tetap disiapkan lebih banyak sekitar 30 persen dibanding tahun lalu. “Untuk patokan target, juga lebih tinggi sekitar 20 persen. Evetn BTS ini akan berlangsung hingga pertengahan Agustus,” ujarnya.
Terpisah, Supervisor Ramayana Department Store, Ardianto Kurniawan pun mengakui hal yang sama. Ramayana langsung melanjutkan program Ramadan dan Idul Fitri dengan Back to School, yang menyajikan koleksi untuk sekolah.
“Terutama buku tulis dan tas sekolah. Itu yang paling banyak stok dan juga penjualan,” ujarnya.
Menurut dia, dalam program BTS dipastikan ada penawaran harga khusus, sehingga, momen ini dimanfaatkan pelanggan untuk berbelanja. Dibandingkan dengan hari normal, sales meningkat mencapai empat kali lipat.
“Penjualan pasti berlipat peningkatannya. Stok pun sudah kami siapkan jauh lebih banyak ketimbang bulan normal yang tidak ada even BTS,” tambahnya.
Menurutnya, dalam sehari, tas sekolah pun bisa terjual mencapai 100 pieces. Angka ini melesat ketimbang beberapa pekan sebelum lebaran. (ley/han)