Otomotif Kejar Target Penjualan

MALANG – Diler otomotif langsung tancap gas untuk mengejar target penjualan pasca lebaran tahun ini. Caranya, dengan memberikan program spesial melalui diskon hingga aktif mengikuti pameran untuk menggapai customer.
Sales Head Nissan Malang, Dani Widodo mengatakan, pasca libur lebaran, sales kembali dipacu untuk memenuhi target penjualan. Misalnya dengan mengikuti pameran dengan memberikan penawaran khusus. “Kami harus langsung mengejar customer. Pameran menjadi satu cara yang paling mudah untuk dekat dengan customer, terutama di pusat perbelanjaan,” ujarnya.
Saat ini Nissan tengah mengikuti pameran otomotif yang berlangsung di Grand Hall Matos. Pameran ini diikuti pula oleh diler lain seperti Honda Sukun, Datsun Malang hingga Toyota Auto 2000 dan akan berlangsung hingga 7 Agustus 2015.
Menurut dia, tidak ada target angka yang dipatok selama pameran. Akan tetapi, dia meyakini bila pameran tersebut efektif mampu menambah prospek customer. “Tim sales mendapat tambahan customer yang berminat dan langsung di-follow up. Biasanya, bisa berlanjut dengan transaksi. Dalam satu pameran, pasti ada penjualan,” beber dia kepada Malang Post.
Dani mengakui, sepanjang Juli ini Nissan hanya mematok penjualan di angka 45 unit. Angka ini tergolong tidak terlalu tinggi, apalagi beberapa hari ketika lebaran dipastikan tidak efektif untuk mengadakan penawaran kepada customer. Alhasil, pencapaian yang sama dengan bulan sebelumnya, diakui sebagai angka yang bagus.
“Bulan ini targetnya antara 45-50 unit. Hingga minggu ketiga bulan ini, masih belum tercapai. Makanya, begitu ada pameran, bisa menambah kemungkinan mencapai target. Untuk Juli ini sebagian besar penjualan berasal dari SPK yang diajukan oleh customer di bulan sebelumnya,” urainya panjang lebar.
Pria berkacamata ini menuturkan, program dipadukan dalam pameran ini. Misalnya bagi customer yang sudah memiliki mobil Nissan, akan mendapatkan diskon lebih besar. Selain itu, hadiah langsung juga tidak kalah menarik.
Terpisah, Supervisor Datsun Malang, Bayu Luberizky mengakui jika bulan ini Datsun pun mencoba memaksimalkan penjualan dengan pameran. “Kami mengikuti pameran di Matos dan akan berlanjut di mall lain,” ujarnya.
Menurut dia, Juli ini bisa menjadi catatan yang kurang bagus dalam hal penjualan. Akan tetapi, bagi tim sales, catatan bagus karena mendapatkan prospek customer. “Misalnya customer datang dengan keluarga, yang sebagian besar pasti serius berburu kendaraan,” sebutnya.
Bayu mengakui, Datsun juga memberikan spesial penawaran, seperti cicilan dan uang muka lebih ringan. Sepanjang Juli ini, Datsun menargetkan sales sebesar 45 unit. (ley/han)