Harga Cabai Belum Normal

MALANG – Paska lebaran, harga cabai rawit di Kota Malang belum kembali normal. Sampai kemarin (28/7/15) atau H+10 lebaran, harga cabai rawit masih tinggi dengan selisih Rp 15 ribu per kilogram dari hari biasa. Harga cabai rawit di pasaran mencapai Rp 40 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 25 ribu.
"Setelah lebaran, harganya belum turun. Waktu lebaran, sempat mencapai mencapai Rp 50 ribu per kilo, lalu turun jadi sekitar Rp 40 ribu. Baru tadi (kemarin, red) harganya turun lagi jadi Rp 38 ribu. Tapi, masih ada yang jual Rp 40 ribu," ujar Sumiati, pedagang sayur di pasar besar, kemarin.
Hal ini membuat para pedagang cemas, karena semenjak harga cabai naik penjualan mereka ikut berkurang. Sumiati mengatakan, biasanya setiap hari ia bisa menjual sekitar 20 kilo cabai rawit. Namun sekarang ia hanya mampu menjual sebanyak 10 kilo per hari. "Saya harap, harganya kembali normal," ujarnya.
Pantauan di pasar besar kemarin, tak hanya harga cabai rawit yang masih tinggi. Harga cabai merah juga naik meski tidak terlalu tinggi, naik Rp 5.000 dari Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu. Berbeda dengan harga bawang merah yang turun drastis, dari Rp 30 ribu menjadi Rp 17 ribu per kilo.
Sementara pedagang lain, Muslikah mengatakan, masih belum tahu sampai kapan harga cabai akan kembali normal. "Kalau lebaran harganya memang tinggi. Soalnya petani libur, jadi tidak ada yang panen sehingga pasokan kosong, tapi sekarang kan sudah selesai lebaran jadi saya berharap bisa kembali ke harga normal," ujarnya.
Agus Salam, pedagang sayur lain menilai, kenaikan harga cabai rawit di Kota Malang ini disebabkan para tengkulak dari luar kota. Informasi yang diterima Agus, tengkulak tersebut berasal dari luar kota yang memborong hasil panen cabai rawit dari Malang sehingga persediaan jadi terbatas.
"Kalau kami biasanya mengambil cabai rawit dari kawasan Buring dan Wajak. Infonya, cabai diborong tengkulak dari luar kota. Jadi kebutuhan di Kota Malang berkurang, otomatis harga ikut naik," pungkas Agus.
Pemberitaan Malang Post sebelumnya, harga daging sapi di Kota Malang juga belum kembali normal. Ketua Rumah Potong Hewan, Joko Sudadi mengatakan, harga daging di pasaran bakal kembali normal mulai hari ini (29/7/15).
"Biasanya, setelah H+10 lebaran harga daging baru kembali normal. Kalau di RPH sendiri, harga daging masih Rp 95 ribu sampai Rp 96 ribu per kilogram. Di pasaran, memang di atas Rp 100 ribu," ungkapnya. Perlu diketahui, harga daging saat lebaran mencapai Rp 110 ribu. Sampai berita ini dimuat, belum ada konfirmasi dari ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Rinawati.(erz/han)