Wisatawan ke Bromo Meningkat

MALANG - Jasa wisata yang menawarkan liburan ke Bromo dipastikan laris manis di akhir bulan ini. Pasalnya, permintaan liburan ke tempat ini meningkat selepas lebaran, termasuk akhir pekan ini yang akan berbarengan dengan upacara Kasodo di sana.
"Sepanjang Juli ini permintaan liburan ke Gunung Bromo meningkat. Apalagi sepekan terakhir," ujar Owner Verona Indonesia, Roni Arisdiono.
Menurut dia , secara keseluruhan sepanjang Juli ini ada peningkatan mencapai 40 persen, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sedangkan dibanding tahun lalu dengan periode yang sama, growth sebesar 20 persen.
"Juli ini, meskipun berbarengan dengan puasa, liburan ke Bromo sangat diminati. Apalagi, begitu selesai lebaran, semua armada kami full," beber Roni kepada Malang Post.
Dia menuturkan, beberapa wisatawan tertarik dengan Upacara Kasodo ketika datang ke gunung yang masuk wilayah Tengger ini. Upacara Kasodo akan berlangsung Jumat-Sabtu (30/7/15-1/8/15) besok. Upacara ini merupakan upacara pemeluk Hindu kepada Sang Hyang Widhi di kawah Gunung Bromo.
Terpisah, Owner 1st Our Trip Martha Siswanto juga mengakui momen Kasodo menarik wisatawan. Travelnya mengantar dua rombongan untuk berlibur ke Gunung Bromo di tengah pekan ini.
"Wisatawan ingin ke Bromo, selain melihat gunung juga kegiatan adatnya. Setiap momen itu, pasti wisata ke Gunung Bromo meningkat," sebut dia.
Menurut dia, sepanjang Juli ini pun tren wisata ke Bromo lebih tinggi. Kondisi akan terus demikian hingga Agustus mendatang. "Wisata ke Bromo akan memuncak di Agustus dan mulai berkurang September. Baru ramai lagi jelang akhir tahun," papar dia panjang lebar.(ley/han)