Kian Bersaing Andalkan Kecepatan Pengiriman

MALANG - Bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini. Hal ini berkaitan dengan berkembangnya bisnis online dan pengiriman-pengiriman barang dengan jumlah besar yang membutuhkan jasa ekspedisi.
Munculnya banyak pesaing dan meningkatnya permintaan masyarakat akan jasa pengiriman barang, membuat Sinar Aji Cepat Bhayangkara, melakukan strategi bisnis yang berbeda. Diana Susanti, pemilik Sinar Aji Cepat (SA Cepat) Bhayangkara, salah satu jasa ekspedisi ternama di Malang menjelaskan keunggulan ekspedisi SA Cepat yang hanya membutuhkan dua hari pengiriman saja, baik dekat maupun jauh. “SA Cepat melayani berbagai pengiriman barang apapun dalam jumlah berapa pun dalam dua hari saja,” tutur Diana saat ditemui di kantor SA Cepat, Sabtu (1/8/15).
“Pengiriman itu jika tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam atau macet. Normalnya, paket barang 2 hari sampai,” tegasnya.
Selain itu, ia menambahkan, SA Cepat dapat melayani pengiriman ke 18 kota di Pulau Jawa. Di antaranya adalah pengiriman ke Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Magelang, Ambarawa, Jogja, Tegal, Pekalongan, Juana, Surabaya, Madiun, Kudus, Pati, Jombang, Mojokerto dan Malang.
Diana menuturkan, pengiriman barang paling banyak berasal dari pengiriman partai dengan jumlah besar dari perusahaan atau pabrik-pabrik. “Pabrik yang sering menggunakan jasa ekspedisi kami, biasanya adalah pabrik garmen, aksesoris mobil, plastik dan karet, dan obat-obatan atau farmasi,” ujar wanita yang telah memulai usahanya selama 20 tahun lebih ini.
Per harinya, Diana mengaku, kurang lebih sebanyak 1 truk tronton penuh muatan dapat mengirimkan barang ke berbagai kota di Jawa. Tarif jasa ekspedisi SA Cepat sangat variatif. “Tarif yang kami berikan tidak tentu sesuai berat, besar dan kota tujuan,” papar Diana.
Pengiriman barang termurah, semisal berukuran seperti dus kecil dikenakan mulai Rp 50 ribu. Namun, hal itu tergantung kota tujuan. Pengiriman barang terpadat tahun ini adalah pada jelang lebaran lalu yang meningkat 50% dari hari biasa. “Pada saat itu banyak pabrik yang mengirim stok ke seluruh toko cabang-cabang, dan lebih banyak pula pengiriman barang paket per orangan ke tujuan-tujuan sekitar pulau Jawa,” ucap Diana.
 Diana menyatakan, salah satu keunggulan SA Cepat dalam pelayanannya adalah barang akan langsung diantarkan ke alamat tujuan sesuai kota. Selain itu, untuk pelanggan reguler atau rutin seperti pabrik-pabrik dan perusahaan besar yang selalu memakai jasa SA Cepat, akan dilakukan kerjasama dalam hal jangka waktu pembayaran. (mg9/han)