Harga Daging Baru Normal, Jagal Minta Dinaikan

MALANG – Setelah harga daging sapi di pasar kembali normal, Rp 93 ribu per kilogram, para jagal di Kota Malang malah meminta para pedagang daging untuk menaikan harga daging. Hal ini terlihat dari surat edaran yang dikeluarkan Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia Seksi Jagal (HPMISJ) Kota Malang beberapa waktu lalu.
Dalam surat edaran tersebut, HPMSJ meminta para pedagang daging sapi untuk menaikan harga daging Rp 2.000 per kilogram. Sehingga, dengan permintaan ini harga daging sapi menjadi Rp 95 ribu.
Alasan permintaan HPMSJ agar para pedagang menaikan harga daging sapi lantaran saat ini harga pasaran daging sapi di pasaran mulai melonjak naik. "Harga sapi di pasaran mulai naik, karena itu kami meminta pedagang agar menaikan harga daging juga," ujar Abu Bakar, Ketua Paguyuban Penjual Sapi.
Abu yang juga turut terlibat dalam kesepakatan tersebut mengatakan, kenaikan harga daging sapi ini diminta, untuk mencegah kerugian yang lebih besar. Dengan menaikan harga daging sapi, ia berharap para pengusaha sapi di Kota Malang tidak mengalami kerugian lebih banyak. Meski begitu, saat ini Abu mengklaim bahwa harga daging di pasaran saat ini sudah mencapai Rp 100 ribu.
Dalam Surat Keputusan Bersama bernomor 01/HMPISJ/VII/2015 itu, pengusaha sapi tidak hanya meminta harga daging sapi dinaikan. Dalam surat tersebut juga dipaparkan bahwa harga jeroan juga diminta naik. "Harga jeroan juga kami minta naik, karena ini saling berkaitan. Kenaikannya, Rp 4.000 per kilogram," kata Abu.
Sesuai kesepakatan mereka, harga jeroan terbaru adalah Rp 34.000 dari sebelumnya hanya Rp 30 ribu. Para jagal meminta agar pedagang menaikan harga daging sapi dan jeroan mulai kemarin (1/8/15).
Sementara itu, pantauan Malang Post di beberapa lokasi penjualan daging menemukan, sejumlah penjual daging sudah menaikan harga daging per kilogramnya. Misalnya, di Toko Daging Bu Kaji Klojen. Pada Jumat (31/8/15) lalu, harga daging sapi di sana masih Rp 93 ribu. Kemarin, harga daging mulai naik.
Sama halnya dengan kondusi di beberapa Pasar Tradisional Kota Malang, pedagang sudah menaikkan harga daging sapi mereka. Para pedagang menjual daging sapi dengan harga paling rendah Rp 95.000. "Soalnya, harga dari pemasok juga mulai naik," ujar Ngatimah, seorang penjual daging di Pasar Besar.
Perlu diketahui, paska lebaran harga daging di Kota Malang mulai normal. Pada lebaran lalu, harga daging sapi mencapai Rp 110 ribu per kilogram. Baru pada H+10 harga daging normal kembali. Meski begitu, baru saja harga daging balik normal, para jagal malah meminta harga daging kembali dinaikan. (erz/nug)