Adu Nasib Lewat Jobfair

MALANG – Untuk kesekian kalinya, jobforcareer.com menggelar Jobfair di Kota Malang. Kemarin bertempat di Gedung Kartini, Jalan Tangkuban Perahu, Jobfair digelar. Kegiatan ini direspon masyarakat terutama para pencari kerja. Itu terbukti, pengunjung yang datang jumlahnya ribuan. Membawa CV serta berbagai persayaratan pengunjung beradu nasib dengan meletakkan lamarannya ke perusahaan-perusahaan yang membuka stand dalam kegiatan tersebut.
“Animo masyarakat dengan kegiatan ini sangat tinggi. Terbukti dari jumlahnya, mencapai ribuan,’’ kata Bambang Kurnia, salah satu panitia jobfair.
Dia mengatakan, Jobfair merupakan agenda rutin yang digelar oleh Jobforcareer.com. Jobfair ini ini digelar untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk mencari pekerjaan. Terlebih menurut dia, dalam Jobfair ini cukup banyak perusahaan yang terlibat.
Diuraikan oleh Bambang, untuk jobfair kali ini ada 200 an perusahaan yang bergabung. Mulai dari perbangkan, operator seluler, toko ritel, maupun perusahaan makanan minuman juga restoran. “Banyaknya perusahaan kian memudahkan pengunjung untuk mencari pekerjaan. Mereka juga bisa melihat atau mendaftar kepada perusahaan dengan keahliannya dan kemampuannya,’’ tambah Bambang.
Menurut Bambang, perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam jobfair ini tidak hanya dari Kota Malang. Tapi juga banyak dari luar Kota Malang, seperti Pasuruan, Sidoarjo dan Surabaya. Diantarannya Victory International Future, Garuda Food, OT, Alfamart, Ace Harware, Informa dan banyak lagi.
“Jobfair ini dibuka dua hari, Senin-Selasa, 3-4 Agustus 2015. Dibuka mulai pukul 09.00 WIB -16.00 WIB,’’ katanya. Dia berharap, jobfair yang digelar ini dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.
Sementara itu Supervisor Informa Malang, Arindra mengaku jobfair yang diadakan banyak mendapat respon dari pengunjung. Itu terbukti, di hari pertama buka, sudah lebih dari 300 pengunjung yang menyerahkan lamarannya. “Kami memang sedang membutuhkan banyak karyawan untuk ditempatkan di berbagai posisi. Seperti store manager, kasir, sales dan lainnya. Dengan adanya jobfair ini, kami dimudahkan untuk melakukan penyaringan karyawan,’’ katanya.
Ditemui di lokasi jobfair, Arindra mengatakan, event kemarin hanya khusus menyerahkan lamaran saja. Selanjutnya, pihak Informa Malang akan melakukan seleksi. Dan yang lolos seleksi nanti akan dipanggil untuk interview dan tes tulis. “Tadi kami juga sudah menjelaskan gambaran perusahaan. Sehingga saat ada yang lolos nanti, mereka bisa mempersiapkan diri untuk interview dan tes tulis,’’ tandasnya.
Senada Admin Human Capital Bank Danamon, Rahmad Satria Yudha Perwira mengatakan jobfair memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. “Banyak perusahaan yang membuka lowongan, ini memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan tentunya,’’ katanya. Dia pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan event ini dengan baik. “Jobfair hari ini pengunjungnya membludak, beda dengan yang kemarin-kemarin. Ini menjadi salah satu langkah maju masyarakat, dalam pencarian pekerjaan,’’ katanya.
Sementara itu para pengunjung jobfair ini mengaku sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini. Ya itu, karena mereka tidak perlu jauh-jauh lagi melamar pekerjaan.
“Karena disini kita boleh meletakkan lamaran lebih dari perusahaan, jadi tadi ya meletakkan ke banyak perusahaan,’’ kata Agus Kuncoro dengan tersenyum. Agus yang datang bersama dengan beberapa rekannya ini mengaku jobfair ini tidak sekadar memberikan kemudahan melamar kerja, tapi juga memberikan pilihan kepada masyarakat, karena dalam event tersebut banyak perusahaan yang bergabung. “Diterima atau tidak itu kan nanti, yang pasti kita sudah berusaha dengan meletakkan lamaran ke perusahaan-perusahaan yang dipilih,’’ tandasnya. (ira/feb)