Cocok Bagi Pemancing Profesional

MALANG - Memancing menjadi salah satu sarana refreshing yang dipilih kaum pria. Mereka pun tak segan memilih perlengkapan maksimal demi hobi tersebut. Hal ini disampaikan Harjono, pengelola Platinum Fishing Center Malang.
Ia berujar, memilih perlengakapan memancing untuk menunjang aktivitas memancing haruslah dengan baik dan efisien. “Mulai dari kail, umpan, senar pancing bahkan sampai sarung tangannya pun jika tidak dipilih dengan benar akan merugikan,” ujarnya saat ditemui, Senin (3/8/15).
Ia menambahkan, sebelum membeli, pembeli akan mendapat pertanyaan dimana ia akan memancing. Apakah di laut (saltwater) atau di air tawar seperti sungai, danau atau tambak (freshwater) serta berapa budget yang dimiliki.
Platinum Fishing Center menyediakan berbagai alat perlengkapan memancing yang dibutuhkan pemancing, baik sekadar memancing sampai yang profesional. Harjono berujar, pada umumnya, perlengkapan yang dibutuhkan untuk memancing baik saltwater maupun freshwater adalah Joran, Reel, Senar, Kail, timah, pelampung, dan sarung tangan khusus pemancing.
Platinum Fishing Center membandrol reel spinning, alat pancing yang paling dicari, mulai Rp 40 ribu sampai jutaan rupiah. Merek reel spinning yang tersedia di antaranya Shimanno, Daiwa, GM, Expert dan lainnya. “Tentu saja harga tergantung merek dan bahan,” ungkap Harjono.
Ia mengungkapkan, reel spinning dengan bahan karbon lebih murah dibandingkan dengan bahan titanium. “Reel spinning pada umumnya berbahan karbon, tetapi bahan titanium lebih kuat cocok untuk pemancing pro, dan harganya juga lebih mahal,” tutur pria asal Ponorogo ini.
Platinum Fishing Center yang berlokasi di Jalan Galunggung ini, juga menawarkan perlengkapan pancing lain seperti Juran yang dibandrol mulai Rp 40 ribu sampai Rp 1 juta lebih. Terdapat juga tas khusus pancing mulai Rp 20 ribu sampai Rp 300 ribu. Kemudian sarung tangan khusus memancing yang dibandrol mulai Rp 50 ribu sampai Rp 300 ribu dan kaos-kaos dengan tema memancing yang dibandrol Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.
Harjono mengaku, barang-barang Platinum didatangkan langsung dari Jakarta. Rata-rata pengunjung yang datang adalah memang orang-orang dengan hobi memancing secara profesional. Ia menambahkan, pembeli tidak hanya datang dari kalangan pria saja tetapi pemancing wanita pun kian banyak.
Ia mengungkapkan, sebagian besar pengunjung memang datang dari Malang, tetapi terkadang banyak pula masyarakat luar Jawa seperti Kalimantan dan Bali. “Tren memancing mulai meningkat dari tahun ke tahun terlebih di Malang. Karena, saat ini wisata laut atau pantai di Malang makin banyak ditemukan. Mungkin karena itu juga, orang yang hobi memancing makin banyak,” pungkasnya. (mg9/han)