Tawarkan Buku dan Souvenir Vintage Jutaan Rupiah

MALANG - Saat ini banyak grup bisnis yang membawahi beberapa anak perusahaan dengan segmen berbeda. Strategi ini efisien dalam menarik pelanggan loyal.
Hal ini lah yang mendasari Tarbantin menjalankan tiga toko dengan segmen berbeda dalam satu atap perusahaan. Ada Tarbantin Bookstore dan Tarbantin Souvenir.
“Toko ini, menghadirkan toko buku dan toko souvenir serta restoran, dalam satu tempat,” ungkap Chresye Sucahyo staf Tarbantin.
Chresye menjelaskan, Tarbantin Bookstore adalah toko buku yang khusus menjual buku-buku karakter, pengembangan diri, dan kerohanian. Dengan dibandrol mulai Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu, pengunjung dapat segera memilih buku sesuai dengan kebutuhan.
“Buku yang paling diminati untuk saat ini adalah karya Dr. Myles Munroe, tentang kerohanian,” tambah Chresye.
Ia mengatakan kebanyakan pengunjung yang datang mencari buku-buku praktis.
Chresye mengungkapkan, terdapat tren buku yang paling diminati belakangan ini adalah buku saku. Banyak pengunjung membeli buku-buku berukuran kecil yang gampang dibawa dan dimasukkan ke dalam tas ataupun saku. Buku jenis ini dibandrol mulai Rp 6.000 sampai Rp 30 ribu.
Sedangkan Tarbantin Souvenir yang berada di sebelah Tarbantin Bookstore menawarkan souvenir-souvenir klasik atau vintage impor, yang didatangkan langsung dari Thailand, Singapura, China, Jepang dan lainnya. “Memang, untuk koleksi vintage impor ini harganya agak mahal, rata-rata jutaan. Orang yang mencari biasanya memesan terlebih dahulu. Harganya tergantung dengan permintaan,” ujar Chresye.
Barang-barang klasik dengan model yang tak biasa dan warna solid berupa putih, kuning, coklat adalah yang paling diminati. Barang tersebut dapat berupa rak pajangan, kursi, frame foto dan banyak lainnya. “Biasanya dipakai untuk dekorasi rumah pribadi, kafe dan restoran sampai pada koleksi pribadi saja,” ujar wanita berkaca mata ini.
Chresye mengungkapkan pesanan didominasi oleh pelanggan di luar Jawa seperti Kalimantan, Papua, Bali, Manado, dan lainnya. Tarbantin melakukan banyak aktivitas promo dan diskon melalui akun media sosial facebook, instagram maupun broadcast BBM. (mg9/han)