Jadi Tonik yang Bagus untuk Kesehatan

MALANG - Ada banyak olahan produk berbahan apel, yang belum banyak diketahui orang adalah tonik apel yang  merupakan hasil fermentasi sari buah apel murni. “Setelah diproses secara khusus menjadi layak untuk diminum,” terang Nur Shohib, penjaga gerai Tonik Apel Asy-Syifa saat ditemui di pameran pos daya di Balai Merdeka Unmer, Kamis (6/8).
Ia mengungkapkan, tonik Apel memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya memperlancar pencernaan, menghangatkan tubuh, menstabilkan tekanan darah, memperlancar haid, memperlancar buang air besar, sebagai antibiotik alami, menambah stamina tubuh, mengurangi bau mulut, dan banyak lainnya.
Ia menjabarkan, awal usaha ini sebenarnya dimulai dari sebuah Kelompok Tani Harapan I Desa Madiredo. Pada awal 2004, produksi buah apel yang melimpah saat panen raya menghasilkan banyak buah apel yang masuk ke dalam kategori berkualitas rendah dan tidak laku di pasaran.
“Karena tingginya penawaran pada musim panen maka harganya pun menjadi sangat murah. Pada akhirnya kelompok tani ini mengolah buah apel secara ekonomis dan menggunakan teknologi praktis,” ungkap pria asli Malang ini.
Apel tonik yang ditawarkan dibandrol Rp 20 ribu per botol. Nur berujar, jika pelanggan memesan dalam jumlah besar akan dihitung Rp 30 ribu per liternya, dan bisa langsung diantarkan ke tempat tujuan. Pengolahan buah apel dalam bentuk tonik ini, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambahnya dan memberi peluang kepada petani untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pengusaha kecil seperti mereka.
Produk lain yang ditawarkan selain tonik adalah cuka apel, ekstrak apel, lulur apel, sirup apel, dan jenang apel.  Selain itu, gerai yang dijaga Nur ini, turut menawarkan jajanan unik lainnya yaitu carang mas yang terbuat dari wortel dan apel. Dengan bandrol Rp 12 ribu untuk isi 10 buah dan Rp 60 ribu per kilo, pengunjung dapat merasakan camilan dengan cita rasa yang berbeda lagi menyehatkan. (mg9/han)