Praktis, Bisa Dikoneksikan ke Gadget

MALANG - Telah hadir terobosan teknologi terbaru dalam bentuk buku tulis digital yang akan mempermudah segala kegiatan menulis dan membaca tanpa menggunakan biaya mahal. O2O buku digital yang didesain khusus agar pengguna dapat mengefektifkan penggunaan buku secara praktis.
Puji Rahayu, Sales Promotion Girl O2O Digital Book berujar, buku tulis digital 020 berwujud seperti buku tulis biasa tetapi berbeda dari buku tulis pada umumnya. “Sekilas O2O terlihat sama, tetapi buku ini dapat di-scan atau di-attach ke sebuah aplikasi dimana pengguna dapat membaca seluruh isi tulisan di buku dalam layar gadget mereka,” tutur Puji saat ditemui di gerai O2O, Gramedia Besuki Rahmat, Rabu (12/8/15).
Puji menjelaskan, dengan hanya Rp 15 ribu, pengguna dapat menulis apapun seperti catatan perkuliahan atau mata pelajaran di sekolah dan dapat dibaca kembali tanpa harus membawa buku tersebut. Ia menambahkan, untuk dapat membaca tulisan di gadget, harus mendownload aplikasi 020 terlebih dahulu.
 “Aplikasi yang akan menghubungkan buku tulis 020 pada gadget dapat langsung kami berikan di gerai 020 gratis,” ungkap wanita asal Malang ini.
Puji melanjutkan, buku tulis 020 didesain dengan kertas khusus berbahan Ivory HVS 70 gram flexo binding yang lentur, ringan, dan kuat serta memiliki barcode atau pin agar dapat terkoneksi langsung di aplikasi pada gadget pilihan pengguna.
“Selain itu pengguna juga dapat membagikan tautan catatan dari tulisan mereka melalui barcode Facebook dan Path yang ada di pojok kanan bawah kertas O20 tersebut. Jadi, sangat praktis dan pintar,” ucap Puji.
Puji menambahkan, produk buku tulis digital 020 ini mulai dipasarkan sekitar Maret lalu oleh PT. Sahabat Utama Traco yang berada di Surabaya. “Produsen aslinya sebenarnya berasal dari Perancis, tetapi lisensi produk di Indonesia atau kantor produksi pusatnya ada di Surabaya,” beber wanita lulusan SMK Budi Utomo Kepanjen ini.
Ia mengungkapkan, penjualan buku tulis digital 020 ini mencapai 150 pieces di gerai Gramedia Basuki Rahmat saja. Ia menambahkan, gerai buku digital 020 terdapat di seluruh Gramedia di Malang. Bulan ini terdapat promo untuk pembelian 4 buku tulis 020 hanya akan dibandrol Rp 48 ribu.
“Peminat buku digital seperti ini banyak dari kalangan mahasiswa dan pelajar SMP. Mahasiswa menggunakannya dengan alasan praktis, sementara pelajar cenderung melihat tren teknologi terbarunya,” pungkas Puji. (mg9/han)