Bunga Artifisial Punya Banyak Penggemar

MALANG- Peminat bunga artifisial sebagai pelengkap dekorasi ruangan kini meningkat jumlahnya. Ada banyak potensi konsumen dengan bertambahnya jumlah kafe, restoran dan rumah hunian modern yang membutuhkan barang-barang dekorasi seperti bunga yang praktis.
Begitu disampaikan Samsul Arifin, pemilik toko bunga Al Amaanah di Pasar Besar Kota Malang. “Tahun ini memang terasa pengunjung yang datang dan membeli lambat laun makin banyak,” tutur Samsul.
Ia menuturkan, kreasi bunga plastik muncul ketika para konsumen mulai mengeluhkan biaya yang harus mereka keluarkan untuk membeli bunga asli yang hanya tahan untuk beberapa hari. “Keindahan yang diberikan bunga asli memang tidak bisa tahan lama, maksimal hanya sampai satu minggu saja. Makanya, kini banyak muncul para penjual bunga yang menciptakan bunga artifisial,” papar Samsul.
Tiap hari ia bisa kedatangan belasan pembeli yang didominasi dari kalangan rumah tangga dan keluarga. Jenis bunga artifisial yang sedang diminati adalah bunga-bunga ranting yang tinggi dan juga dedaunan-dedaunan hijau dan lebar yang dibuat serupa dengan aslinya.
“Harga ranting-ranting buka sekitar Rp 3.000 sampai Rp 80 ribu per ranting tergantung bunga apa dan ukurannya. Untuk dedaunan hijau harganya Rp 15 ribu sampai Rp 250 ribu per pot. Kalau per ranting Rp 4.000,” ungkap pria asal Malang ini.
 Toko Bunga milik Samsul juga menerima pesanan rangkaian bunga untuk acara pernikahan, hantaran, dekorasi rumah dan lainnya sesuai kebutuhan. Bunga rangkaian itu dibandrol mulai Rp 90 ribu sampai ratusan ribu tergantung ukuran dan jenis bunga apa yang diminta.
“Pemesan atau pelanggan memang banyak datang dari warga Malang sendiri, tetapi beberapa kali saya mendapat pesanan dari luar pulau seperti Kalimantan dan NTT,” jelas pria yang memulai usaha toko bunga Al Amaanah sejak 25 tahun lalu.
Ia berujar, keunggulan mendekor ruangan dengan bunga artifisial adalah selain bentuknya yang mirip dengan asli, bunga artifisial juga bisa bertahan lebih lama dari pada bunga asli. Dan yang lebih menarik lagi, ujarnya, bunga plastik bisa dibersihkan jika mulai kotor.  “Perawatannya mudah, tinggal merendamnya dengan deterjen, maka warnanya akan kembali cerah seperti baru lagi,” pungkas Samsul. (mg9/han)