Masih Banyak Peminat, Penjualan Stabil

MALANG - Hot Wheels, mainan mobil berbahan metal (die cast) yang diproduksi oleh produsen mainan anak-anak, Mattel Inc. Amerika Serikat sejak tahun 1968, masih diminati masyarakat Indonesia khususnya di Malang.
Menurut Veronica Aprilia, pegawai Hot Wheels  N 4713 TA (baca: Nagita) Garage di Pasar Besar, walaupun mainan mobil-mobilan ini sudah tergolong lawas, tetap saja banyak pembelinya. “Hot Wheels bukan hanya sekadar mainan mobil-mobilan biasa, tetapi lebih seperti replika mobil asli yang populer di seluruh dunia. Mungkin karena itu Hot Wheels tetap diminati sampai sekarang,” ungkap wanita yang akrab disapa Vero ini saat ditemui, Sabtu (15/8/15).
Ia mengungkapkan, dominasi pembeli datang dari kaum pria, baik anak-anak maupun yang dewasa. Ada juga pembeli wanita, tetapi sedikit.
Seri-seri Hot Wheels yang diminati pembeli, menurutnya, datang dari seri Ferrari, Nissan, dan jenis-jenis mobil klasik antik. Seri Ferarri yang tersedia di antaranya F430, Enzo, 333 SP, F 512, F 360 Modena dan banyak lainnya yang rata-rata dibandrol mulai Rp 50 ribu sampai Rp 175 ribu. Untuk seri Nissan rata-rata dibandrol Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu ke atas.
“Yang terlihat diminati saat ini malah muncul dari seri-seri mobil klasik atau seri Hot Wheels Auto-thenthics, seperti VW, Wagon R, Ford Mustang, Chevy, Shelby dan Corvette,” papar Vero. Rata-rata seri klasik Hot Wheels tersebut dibandrol mulai Rp 100 ribu. Selain ketiga seri populer tersebut, terdapat pula seri Hot Wheels yang banyak peminatnya, yaitu seri AZ GP Auto Art Models yang merupakan replika salah satu mobil F1 yang berukuran besar. Ada pula koleksi baru Hot Wheels, yaitu seri Monster Jam atau mobil-mobil Monster yang biasa dipakai untuk Offroad di Amerika. Dengan dibandrol Rp 175 ribu ke atas, pambeli dapat merasakan memiliki replika atau miniatur mobil monster kesukaannya.
“Harganya juga menyesuaikan, jika ukurannya lebih besar bandrolnya sekitar Rp 1 juta lebih,” ungkap Vero.
Menurutnya, saat ini Hot Wheels sudah tidak selalu berupa permainan mobil-mobilan, tapi sudah dikembangkan beberapa produk pendukung seperti video games, serial TV/video/DVD, t-shirt, dan yang lainnya. Selain menyediakan berbagai macam koleksi Hot Wheels, N 4713 TA Garage juga menyediakan aksesoris-aksesoris menarik lain seperti stiker mobil, wallpaper, gantungan kunci dan pernak-pernik kecil lainnya. (mg9/han)