Manjakan Penggemar Anime Jepang

MALANG - Costum play (Cosplay) Anime merupakan pergelaran seni asal Jepang yang mengharuskan peserta berdandan layaknya karakter anime favorit mereka semirip mungkin. Saat ini, cosplay kian digemari masyarakat luas di Indonesia, termasuk di Malang. Tren ini pun memunculkan peluang bisnis di bidang ini.
Cosplay Center Indonesia merupakan salah satu usaha yang memanfaatkan peluang tersebut. Firman Prasetyo, salah satu staf Cosplay Center Indonesia berujar, pagelaran atau acara-acara ala Jepang kini kian banyak diadakan di Malang. Maka dari itu sejak enam bulan ini penjualan kostum-kostum Anime makin meningkat.
 “Kami menjual berbagai perlengkapan cosplay dari baju, jaket, tas sampai pernak-pernik khas beberapa karakter anime yang digemari,” tutur Firman.
Ia mengungkapkan, tokoh anime yang masih menjadi favorit adalah Naruto dan One Piece. Sedangkan beberapa Anime yang pernak-perniknya banyak dicari di antaranya Tokyo Gouhl, Attack On Titans, Fairy Tale dan Pokemon. Dari semua pernak-pernik cosplay, baju dan jaket lah yang paling dicari. “Untuk baju dan jaket dibandrol mulai Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu saja. Sebagian besar pembeli datang dari kalangan pelajar dan mahasiswa,” imbuhnya.
Firman menambahkan, pernak-pernik cosplay lain yang turut ditawarkan adalah gantungan kunci, action figure, kalung, dan pernak-pernik khas karakter anime. “Barang-barang Cosplay Center Indonesia merupakan handmade. Kami memiliki konveksi dan rumah produksi sendiri yang berpusat di jalan Akordion. Jadi, jika ada pembeli yang memesan sesuai permintaannya kita dapat sediakan,” pungkas Firman. (mg9/han)