Kebaya Cantik dari Kain Blacu

MALANG – Dulu banyak orang memandang sebelah mata keberadaan kain blacu (blaco). Pasalnya, sebagian besar masyarakat mengenal kain ini sebagai kantong terigu hingga bahan penyaringan tahu. Namun kini kain blacu bisa dikreasikan menjadi fashion cantik seperti kebaya dan blouse yang tidak kalah dengan bahan lain seperti katun.
Seperti halnya di Hadi Purwanto Batik. Hamparan kain blacu telah dijadikan fashion berharga, untuk menunjang keanggunan perempuan. Misalnya kebaya atau blouse, yang pemakaiannya bisa dipadukan dengan batik maupun penampilan tradisional.
“Kain blacu tidak kalah bagusnya dengan bahan lain, asalkan aksesoris dan motif yang menemaninya tepat. Sama seperti kebaya, akan terlihat menarik ketika bordirnya pas,” ujar Wiraniaga Hadi Purwanto Batik, Fatma Fitriana.
Dia menyebutkan, kebaya dan blouse kain blacu, terhitung laris di tahun ini. Sebab, meskipun sekilas terlihat kusam karena berwarna putih, ketika diaplikasikan di badan dipastikan cocok. Baik mereka yang berkulit sawo matang atau cenderung gelap, maupun yang berkulit putih.
“Tinggal memilih warna hiasan di kain. Misalkan motif bordir berwarna cerah atau motif dengan warna lebih kalem seperti merah muda dan biru tua. Tetapi tergantung kepercayaan diri sang pemakai juga sih,” sebut dia kepada Malang Post.
Perempuan yang akrab disapa Ana ini menuturkan, motif bordir ada bunga hingga hewan. Misalnya bordir berbentuk kupu-kupu atau rangkaian bunga tulip dan bunga sepatu. Menurutnya, kain blacu ini juga cocok bagi perempuan yang ingin tampil modern. Pilihan blouse, bisa berpadu dengan celana jeans. Fashion tersebut, bisa dipakai dalam berbagai acara.
“Ingin jalan-jalan tidak tampak terlalu formal, namun ketika ingin dikenakan untuk kuliah juga keren. Ingin pergi ke pesta, tinggal mencocokkan dengan bawahannya saja,” urai dia panjang lebar.
Fashion kain blacu ini dipatok dengan harga mulai dari Rp 175 ribu. Harga termahal, mencapai Rp 250 ribu, tergantung bordir yang menghiasi bodi fashion itu. Sementara, untuk pilihan warna, hanya putih saja.
Keunggulan kain ini, adem bagi kulit karena bahannya alami, hanya kapas saja. Warna putih salurnya pun tidak membuat yang memakai terlihat gemuk.
Ana menyampaikan, di Hadi Purwanto Batik, selain kebaya kain blacu juga menyediakan aneka kebaya dengan model terbaru, yang disukai anak muda. “Bagi yang tidak suka dengan warna putih, kebaya dengan kain katun tersedia dalam beragam pilihan warna, baik gelap maupun cerah,” pungkasnya. (ley/han)