Hadirkan Aneka Macam Isian Nikmat

MALANG - Jajanan kota di Indonesia yang sempat hits pada tahun 90-an, leker, kini hadir lagi dengan kreasi terbaru yang makin beragam sesuai tren kuliner. Gerai Jogja Leker (Joker) menghadirkan berbagai varian rasa leker yang tidak hanya disajikan kering tetapi leker basah pun bisa dinikmati konsumen.
Leker yang berbentuk semacam crepes ini dihadirkan dengan berbagai varian topping di dalamnya. “Leker yang kami tawarkan sedikit beda dengan yang biasa di depan sekolahan, ini agak besar dan berisi,” ungkap Novy Regina, pemilik franchise Jogja Leker Tidar.  
Harganya pun lebih mahal dari leker pinggir jalan, berkisar Rp 3.500 sampai Rp 15 ribu sesuai isiannya. Novy menjelaskan, awalnya leker merupakan kuliner hasil alkulturasi kebudayaan Indonesia dengan Belanda. Awalnya, leker hanya memiliki tiga variasi rasa yaitu coklat, pisang, dan keju. Berbahan dasar tepung dan disajikan dengan cara dilipat menjadi berbentuk setengah lingkaran. Tetapi, Leker Joker memiliki keistimewaan tersendiri.
“Karena leker Joker adalah perpaduan dari unsur tradisional dan modern yang kaya cita rasa. Leker Joker memiliki berbagai inovasi rasa dan toping seperti coklat, keju, kacang, pisang, telur, sosis, dan tuna. Serta dengan diameter ukuran yang lebih besar yaitu 20 cm, penampilannya juga lebih eyecathing,” beber wanita asal Tulungagung ini.
Sementara untuk leker basah, menurut Novi, karena diisi dengan telur, sosis, kornet, tuna, atau jagung. “Leker basah spesial kombo dengan isian campuran, paling disukai pelanggan. Sedangkan yang kering biasanya dipilih yang isi toblerone, nutella, ovomaltine dan coklat pisang,” tuturnya.
Novy menambahkan, tidak hanya menu varian yang tertera saja yang dapat dipesan pelanggan. Pelanggan dapat memilih isian campuran sesuai selera sendiri. Bandrol harga akan menyesuaikan isisan apa saja yang dipilih. Varian tersebut disebut leker mix.  “Tiap harinya kami dapat membuat sekitar kurang lebih 100 leker. Pelanggan banyak datang dari kalangan keluarga dan anak-anak,” paparnya.(mg9/han)