Citilink Beri Terbang Hemat di Kickfest 2015

MALANG – Maskapai penerbangan berbiaya murah (low cost carrier) Citilink mencatatkan load factor (keterisian penumpang) 80 persen untuk rute Malang-Jakarta, medio Agustus kemarin. Angka tersebut diraih dengan jadwal satu kali penerbangan. Sebelumnya, ketika menyambut arus mudik dan balik, Citilink menambah extra flight sehingga memiliki dua kali jam terbang.
Branch Manager Citilink, Fajar Indra mengatakan, angka 80 persen setelah peak season merupakan capaian yang baik. Angka tersebut masih dalam rentang target load factor di Agustus, antar 80-85 persen. “Sejak awal Agustus, kondisi sudah normal. Sehingga target kami juga tidak setinggi Juli lalu,” katanya.
Menurut dia, Citilink pun sudah tidak lagi memakai extra flight, sebab penerbangan tambahan ini terakhir pada 28 Juli 2015 lalu. Setelah itu, dalam sehari Citilink mengangkut penumpang dengan tujuan Bandara Halim Perdanakusuma dalam satu kali penerbangan dengan Air Bus 320.
September ini, Citilink masih menargetkan load factor di angka 85 persen. Menurut Indra, keterisian penumpang ini coba digapai dengan tambahan program menarik yang diberikan oleh maskapai. Salah satunya dengan terbang lebih hemat sebesar 10 persen. “September, target hampir sama dengan bulan sebelumnya. Kami coba mencapai target dengan memanfaatkan promo,” terang dia.
Program Terbang Hemat ini akan dikenalkan oleh Citilink ketika mengikuti Simpati Kickfest 2015 yang berlangsung di Lapangan Rampal, 4-6 September mendatang. Diskon tiket bisa didapatkan oleh calon penumpang yang ingin mengatur jadwal penerbangan mulai dari 4 September 2015. “Citilink sering memberikan program Terbang Hemat. Kini, untuk memeriahkan Kickfest, calon penumpang bisa memanfaatkan harga tiket yang lebih murah,” sebut Indra.
Dia menyampaikan, periode penerbangan yang bisa dipilih oleh calon penumpang berlangsung hingga 10 Desember mendatang. Sehingga, tidak perlu khawatir ketika memutuskan untuk membeli tiket, maka calon penumpang bisa memilih jadwalnya.
“Tinggal menyiapkan waktunya saja, bisa untuk liburan. Mumpung periode penggunaan tiket juga lama,” papar dia kepada Malang Post.
Sementara itu, Citilink juga memiliki rute baru mulai September ini. Menurut Indra, anak perusahaan dari Garuda ini mulai hari ini membuka rute Surabaya-Bandung dan sebaliknya, serta Surabaya-Pontianak, dan Pontianak-Surabaya. Untuk penerbangan dari Surabaya ke Bandung berlangsung pukul 05.25 WIB, sementara Bandung-Surabaya pukul 07.25 WIB.
“Sedangkan Surabaya-Pontianak akan berangkat pukul 17.45 WIB, dan dari Pontianak akan kembali ke Surabaya keesokan harinya, pukul 09.30 WITA. Untuk saat ini, penumpang anak-anak akan mendapatkan diskon 25 persen dan ditambah dengan gratis bagasi seberat 20 kg,” pungkas Indra. (ley/han)