Lukisan Pun Terbuat dari Pasir

MALANG - Kerajinan tangan dari pasir merupakan salah satu kerajinan yang tidak semua orang dapat menekuninya, terlebih dibisniskan. Namun Bisnis kerajinan tangan dengan bahan baku pasir, dapat menjadi bisnis yang menjanjikan jika ditekuni dan melihat benar selera apa yang sedang hits.
Demikian disampaikan Gusman Adi Putranto, pemilik gerai Rumah Pasir yang berada di jalan Mawar Kota Malang kemarin (2/9/15). Ia menuturkan, membentuk pasir yang kasar dan kotor merupakan hal yang merepotkan bagi banyak orang. Padahal jika ditelateni, bisa membawa keuntungan.
 “Rumah Pasir ini merupakan galeri kerajinan yang terbuat dari pasir. Mulai dari jam pasir, surat dalam botol, lampu tidur, aneka celengan, pigura sampai lukisan pasir pun tersedia,” ungkap pria yang memulai bisnisnya sejak 7 tahun silam ini.
Ia mengungkapkan, kerajinan unggulan Rumah Pasir adalah lukisan pasir wajah. Lukisan ini memiliki tampilan layaknya lukisan biasa, namun jika dilihat seksama, barulah orang akan mengetahui bahwa lukisan tersebut terbuat dari kumpulan pasir. Pria yang akrab disapa Gus ini menjelaskan, media lukis tetap kanvas dengan berbagai ukuran sesuai permintaan dan lukisan ini dibandrol mulai Rp 150 ribu sampai Rp 800 ribu sesuai ukuran gambar, wajah dan jumlah wajah yang dilukis.
Gus berujar, ia membutuhkan waktu paling lama tiga hari untuk menyelesaikan lukisan wajah. Pasir yang dipakai dalam pembuatan pun beragam. Terdapat pasir bangunan, pasir putih dari pantai sampai pasir hitam yang bertekstur sangat kasar dan agak besar.
“Rata-rata yang memesan banyak datang dari kalangan orang tua ataupun instansi. Jika pemesan datang dari orang per orang, mereka memesan satu sampai dualukisan. Jika dari instansi, dapat melakukan pemesanan hingga 30-an lebih,” tandas pria lulusan UB ini.
Selain lukisan pasir wajah, Rumah Pasir juga turut mengandalkan kreasi handicraft pasir lainnya. Salah satu yang paling diminati kalangan muda-mudi adalah surat dalam botol dan jam pasir, yang sering dijadikan sebagai hadiah untuk teman dan pacar karena didalamnya dapat dituliskan pesan khusus. Bandrol yang dipatok untuk jam pasir mulai Rp 30 ribu sedangkan pesan dalam botol mulai Rp 10 ribu sampai Rp 25 ribu. Gus menambahkan, kalangan anak-anak kecil juga turut berminat dengan pernak pernik pasir berbentuk celengan dan gantungan kunci karena dapat dibentuk motif karakter-karekter film favorit  mereka.(mg9/han)