Menggoyang Lidah Sampai ke Solo

MALANG - Banyak kuliner khas daerah dan kota lain yang mencoba peruntungan di Kota Malang. Apalagi menurut Eka Ratna Puspita Dewi, pemilik Kedai Selat Solo di Jalan bendungan Sutami, warga Malang gemar menyantap aneka kuliner baru.
 “Kuliner khas kota lain sangatlah beragam dan patut dicoba. Terlebih banyak warga pendatang di Malang yang cenderung ingin mencoba kuliner baru sehingga ini menjadi kesempatan pebisnis makanan untuk bereksplorasi,” ungkap Ratna.
Dia menuturkan, Kedai Selat Solo miliknya memang mengusung masakan khas Solo, terutama Selat Solo yang merupakan makanan “peranakan” hasil adaptasi makanan Belanda yang menyerupai Bistik. Dalam perkembangannya, menu ini disesuaikan dengan lidah orang Jawa. “Kebetulan suami saya asli Solo.  Saya sudah terbiasa dan suka dengan Selat Solo. Saat di Malang, saya kebingungan ingin menikmati makanan ini, tetapi tidak ada yang menjual. Maka dari itu, saya buka usaha kuliner Selat Solo,” paparnya.
Wanita asal Malang ini mengungkapkan, Selat Solo merupakan campuran irisan daging sapi, bola daging, wortel, telur yang disiramkan kuah kental berwarna coklat mirip seperti sebuah selat. Kedai Selat Solo sendiri menawarkan 3 varian menu yang bisa dipilih, yaitu selat daging sapi kuah segar/saos, selat bola daging sapi kuah, dan selat galantine kuah segar/ saos.
Menu ini dibandrol mulai Rp 9.500 sampai Rp 12 ribu. Varian Selat Solo yang paling diminati pengunjung, menurut Ratna adalah selat daging sapi kuah. Ia berujar, Selat Solo memang aslinya berisi irisan daging sapi, meski saat ini banyak varian dengan isian selain daging sapi menuruti permintaan dan untuk menarik pasar luar kota
“Sejak buka 2013 yang lalu, antusiasme warga Kota Malang dengan makanan khas Solo ini, sangat baik. Tiap tahun peminat dan pengunjung meningkat. Berarti, Selat Solo makin diminati warga Kota Malang,” beber wanita kelahiran 1985 ini.
Kedai Selat Solo juga menyajikan menu khas Solo lain seperti Nasi Timlo, Garang Asem, dan Sup Matahari. Untuk menu pencuci mulut yang paling diminati pengunjung diantaranya adalah Coffee Float dan Es krim goreng. (mg9/han)