Buku Kedokteran Paling Banyak Dicari

MALANG – Kehadiran ribuan mahasiswa baru membawa keuntungan tersendiri bagi Borneo Science Book Store, gerai penjual buku-buku sains dan teknik. Annisa Nurrokhma, admin Borneo Science Bookstore berujar, saat ini buku dengan materi teknik dan kedokteran banyak dicari.
 “Kebanyakan pembeli datang dari kalangan dosen dan mahasiswa. Buku yang berhubungan dengan teknik banyak dicari dosen. Sedangkan buku kedokteran dan finance banyak dicari mahasiswa,” ungkap Annisa, Senin (7/9/15).
Toko buku yang berada di jalan Galunggung no. 67 ini merupakan toko buku khusus penerbit luar negeri alias buku impor. Karena itu, pelemahan rupiah memberi efek yang signifikan.
Ia menjelaskan, dengan turunnya nilai rupiah, barang impor akan bernilai lebih tinggi dari biasanya. Hal ini pun terjadi pada harga buku yang biasa dijual di Borneo Science Bookstore. Karena itu pihaknya menunda sementara stok barang dan pembelian buku terbaru.
 “Selama ini, biasanya kami mendatangkan koleksi baru sebanyak dua kali sebulan. Tetapi, karena dollar naik, untuk sementara pembelian buku terbaru masih ditunda,” paparnya.
Namun, ia menambahkan, tingkat pengunjung Borneo tetap stabil, tidak menurun drastis.
Borneo Science Bookstore yang telah berdiri semenjak tahun 2004 ini, selalu menghadirkan koleksi penulis dan penerbit dari luar negeri diantaranya Springer, Pearson, Longman, Pearson-Longman, Cambridge, Wiley dan Mc. Graw Hill.
Menurut Annisa, penerbit Pearson dan Longman lah yang paling diminati pengunjung pada umumnya. Ia berujar, buku Pearson lebih banyak koleksi tentang materi ekonomi sedangkan Longman lebih banyak pada materi Bahasa Inggris.
Buku koleksi Borneo Science Bookstore rata-rata dibandrol mulai Rp 200 ribu sampai jutaan rupiah.  “Buku kedokteran dibandrol sekitar Rp 3 juta. Buku tersebut seperti buku kedokteran Harrison yang selalu diburu kalangan mahasiswa,” sahut wanita yang hobi masak ini. (mg9/han)