Strategi Alfamart Tingkatkan Penjualan Saat Ekonomi Lesu

MALANG – Kini belanja kebutuhan pokok dan sehari-hari bisa jadi semakin menyenangkan. Pasalnya, perusahaan ritel Alfamart telah menghadirkan beragam kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran seperti tagihan listrik, air, cicilan motor, dan lainnya. Perusahaan juga kerap menggelar promosi menarik bagi konsumennya.
Seperti saat ini sedang berjalan program PWP (purchase with purchase) yang berlangsung mulai 1-15 September 2015. “Program ini merupakan rangkaian Perayaan Semarak Ulang tahun Alfamart (SUA) ke-16,” ujar Marketing Director Alfamart, Ryan Alfons Kaloh.
Ryan menjelaskan, bagi konsumen yang berbelanja senilai Rp 40 ribu dan berlaku kelipatannya akan langsung mendapatkan potongan harga spesial untuk produk-produk tertentu. Misalnya Indomilk SKM putih 375g, Downy 900ml, A Facial Tissue 700g, Lifebuoy Shampo 170ml, Mama Lemon Jeruk Nipis 800ml, dan Baygon Aerosol Lavender 600ml. 
“Selama promosi SUA kami akan pilih produk yang menarik dengan potongan harga hingga lebih dari 50 persen,” paparnya.
Selain menghadirkan produk dengan harga spesial, ritel modern ini juga meluncurkan koleksi pisau cantik Klassique berstandar internasional. Koleksi itu dapat dimiliki oleh pelanggannya melalui mekanisme pengumpulan stamp selama periode 1 Agustus hingga 31 Oktober 2015. Setiap berbelanja minimal Rp 40.000 (berlaku kelipatan), pelanggan akan memperoleh satu stamp, serta ada tambahan  stamp  untuk pembelian produk sponsor tertentu.  
“Penukarannya sampai November 2015, untuk mendapatkan satu buah koleksi Alfamart Klasique Knife, pelanggan cukup mengumpulkan 15 stamp disertai penambahan biaya mulai dari Rp 29.900 hingga Rp 69.900. Besarnya penambahan biaya disesuaikan dengan ukuran pisau. Khusus bulan September, hanya dengan 10 stamp sudah bisa ditransaksikan,” terangnya.  
Masih dalam rangkaian program SUA, perusahaan juga menggelar berbagai event seperti lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti lebih dari 7.000 anak Indonesia. Masih ada pula gowes dan jalan sehat bareng Alfamart di berbagai kota, serta photo contest yang diikuti oleh para pecinta foto di tanah air.  
“Rangkaian program tersebut merupakan bentuk apresiasi perusahaan kepada konsumen yang telah mendukung dan menerima kehadiran toko kami di tengah masyarakat, sehingga dapat berkembang bersama mitra usaha lain selama 16 tahun ini. Lebih dari itu, peritel dituntut kreatif di tengah kelesuan ekonomi yang melanda negara kita, agar pertumbuhan bisnis tetap terjaga " tandas Ryan. (*/ley/han)